JAMBI

Malam Apresiasi Seni Melayu Di Hadiri Wabup Amir Sakib

TANJAB BARAT,JAMBI,BN – Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, Haji Amir Sakib menghadiri malam Apresiasi Seni Melayu Jambi yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi. UPTD Taman Budaya Jambi di Ratu Convention Center (RCC) Kota Jambi menyelenggarakan aneka pertunjukan seni budaya melayu jambi dengan tema ‘Tanah Bepijak Budayo Bejejak‘

Apresiasi Seni Melayu  yang diikuti oleh berbagai kantong seni yang ada di jambi antara lain : Teater Tonggak Jambi, Pimpinan Didin Siroz yang juga merupakan Kepala UPTD Taman Budaya Jambi, Sanggar Mindulahin, Pimpinan pemusik dak perupa jambi, Azhar MJ, Teater AiR, Sanggar Sakintang Dayo dan beberapa tokoh seni dan budaya yang ada dibumi sepucuk jambi sembilan lurah.

Acara malam apresiasi seni budaya melayu dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi beserta istri, Wakil Bupati Tanjab Barat, H.Amir Sakib, Pangdam II Sriwijaya, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Kapolda Jambi, Walikota Jambi, Anggota DPD, Ibu Uteng Suryadiyatna serta para seniman dan budayawan se Propinsi Jambi.

Acara Aprisiasi Seni Melayu dibuka dengan mempersembahkan penampilan musik tradisional kolintang kayu oleh sanggar mindulahin, pimpinan Azhar MJ.

Dalam sambutannya, Gubernur Jambi, Haji Zumi Zola mengatakan acara tahunan setiap tahunnya diadakan Apresiasi Seni Melayu yang bertepatan dengan HUT Provinsi Jambi ke 61 dan bertujuan untuk mempromosikan budaya yg dimiliki oleh Jambi serta sekaligus memberikan penghargaan kepada para pelaku seni, budayawan dan tokoh adat yang sampai saat ini kosisten dan berdedikasi terhadap Provinsi Jambi dan terus membuat karya karya seni dan budaya yang bernilai tinggi. “Ini adalah pemenuhan janji saya kepada seluruh masyarakat jambi yang mana diacara malam apresiasi seni budaya melayu 2018 ini, saya janji akan tampil baca puisi” ungkap Haji Zumi Zola.

Salah satu tokoh adat sekaligus budayawan Jambi yang mendapatkan penghargaan adalah Haji Nawawi Ismail atau yang akrab dipanggil pak do dengan gelar adat Datuk mangku Setio pengembiro. Ada juga seorang seniman tradisional asal bumi sakti alam kerinci yakni, bapak Harun Bin Nafi yang terkenal dengan karya tari megah harimau nya.

Malam apresiasi seni dan budaya melayu itu semakin meriah dengan tampilnya Gubernur Jambi, Zumi Zola yang membacakan puisi dengan diiringi oleh lantunan gesekan biola milik seorang biolist, istrinya sendiri, Sherrin Tharia. (Reza)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button