SULTENG

MENGANTISIPASI KEMARAU, SULTENG BANGUN PUULUHAN EMBUNG

Kadis Distanhorti Sulteng, Tri Iriani Lamakampali

PALU, SULTENG, BN – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melaui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura menargetkan pembangunan embung dibeberapa titik Kabupaten Sulteng dapat terealisasi baik.

Embung atau cekungan penampung (retention basin) adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan guna meningkatkan kualitas air tanah, untuk mengairi lahan di musim kemarau.

Kadis Distanhorti Sulteng, Tri Iriani Lamakampali di Palu, belum lama ini mengatakan, target pemerintah ada 30 ribu pembangunan embung di seluruh Indonesia. pembangunan embung sangat dibutuhkan sebagai pendorong ekonomi pertanian masyarakat pedesaan di wilayah Indonesia. Khususnya di wilayah Indonesia bagian timur yakni Sulawesi Tengah, pembangunan embung sangat dibutuhkan mengingat tata letak geografis Provinsi Sulawesi Tengah merupakan wilayah pertanian.

Menurut Tri Iriani, untuk pembangunan embung di Sulteng melalui Direktorat Jendral Sarana Prasarana Pertanian. Akan tetapi, kegiatan itu juga dilaksanakan oleh Badan Pemberdayaan Desa.” Pembangunan embung itu, dianggarkan melalui sumber dana APBN, ”tegasnya.

Tri Iriani mengharapkan, titik lokasi pembangunan embung di Sulteng dapat tepat sasaran. Sehingga pengembangan dan pembangunan embung di Kabupaten dapat menjadi roda pendorong naiknya ekonomi pertanian didesa. (RAHMAD NUR)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button