SULSEL

Diduga Lalai Tidak Mengfungsikan Papan Transparansi Dana “BOS” SDI Lariang Bangi 1 Makassar

Kepala sekolah SDI Lariang Bangi 1 Makassar.

MAKASSAR, SULSEL, BN – Rahmawati, S.Pd selaku kepala sekolah SDI Lariang Bangi 1 Makassar, diduga lalai dan tidak mengfungsikan papan transparansi dana “BOS” dengan baik.

Saat awak “BN” menyambangi sekolah SDN Lariang Bangi 1 Makassar, terlihat jelas papan transparansi dana “BOS” yang terpasang masih Th.2016, seharusnya disana sudah tercantum papan dana “BOS” Th.2017 mulai triwulan 1 s/d 4.

Papan transparansi dana “BOS” Th.2016

Padahal jelas-jelas dalam aturan setiap pengelolah dana “BOS” tersebut harus transparansi, yang mana itu telah di atur oleh UU No. 14 Th.2008, tentang (KIP) Keterbukaan Informasi Publik adalah salah satu produk hukum Indonesia yang dikeluarkan di Th.2008 dan diundangkan pada Tgl.30 April 2008, mulai berlaku dua tahun setelah diundangkan.

Undang-undang yang terdiri dari 64 pasal ini, pada intinya memberikan kewajiban kepada setiap badan publik untuk membuka akses bagi setiap pemohon informasi publik untuk mendapatkan informasi publik, kecuali beberapa informasi tertentu.

Saat dikonfirmasi terkait papan transparansi dana “BOS” yang masih Th.2016 tersebut, Rahmawati, S.Pd selaku kepala sekolah mengatakan bahwa saya sering memerintahkan kepada guru ataupun bendahara untuk segera memasang, mungkin karna sibuk hingga lupa untuk memasangnya, itu merupakan kelalaian yang bisa dimaklumi, Insya Allah tidak akan terulang, sebentar kami akan selesaikan. ucapnya Rabu 28/02/2018

Adapun jumlah siswa SDN Lariang Bangi 1 Makassar sekitar 160 siswa/i, memiliki 5 honor dan 4 pns, 1 bujang, 1 satpam, serta mengelola dana bantuan oprasional sekolah “BOS” sekitar Rp.103.500.000 selama empat triwulan.

Harapan kami dan juga orang tua siswa, kiranya papan transparansi dana “BOS” dapat difungsikan secara maksimal, serta menempatkan pada tempat yang mudah dilihat atau dijangkau oleh orang tua siswa, masyarakat serta media ataupun lembaga pematau lainnya.(Anto) 

 

Editor  | BN Online Sul-Sel | AA

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button