JAMBI

KPU TANJAB BARAT VERIFIKASI PARPOL

TANJAB BARAT, JAMBI, BN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjab Barat mulai melakukan Proses Verifikasi terhadap Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019. Tak terkecuali Partai Gerindra yang turut diperiksa. Dimana semua hasil verifikasi akan dicocokkan dengan Sipol yang dimiliki KPU.

Apnizal Ketua KPU Tanjab Barat mengungkapkan, dalam proses verifikasi ada beberapa tahapan. Mulai dari verifikasi Ketua, Sekretaris, dan Bemdahara Partai.

”Termasuklah verifikasi kepengurusan Partai baik itu KTP, KTA Anggota dan keterwakilan perempuan 30 persen,” ungkap Apnizal disela melakukan Proses Verifikasi di Kantor DPC Gerindra, belum lama ini.

Selain itu sebut Apnizal, pihaknya tidak lupa melakukan verifikasi terhadap alamat Kantor Partai. Mulai dari Dokumen alamat Kantor, status Kantor, Dokumen Pendukung, surat Domisili dan SK asli. ” semuanya akan dicocokkan dengan Dokumen yang dimiliki KPU,” ujarnya.

Ia menjelaskan data penduduk Tanjab Baray yang dipakai KPU sebesar 322.058 orang. Jumlah pengurus partai yang ditentukan sebesar seperseribu atau sebanyak 322 orang. Pihaknya akan melakukan verifikasi sampel sebesar 5 persen dari 322 orang tersebut.

”Syarat lain yang kita verifikasi adalah kesesuaian pengurus partai dengan data penduduk kita. Kesesuaian dengan KTP dan KTA. Juga verifikasi minimal 17 orang dengan kriteria mewakili 50 persen Kecamatan,” jelasnya.

Terpisah Faizal Riza, ST MM, Ketua DPC Partai Gerindra Tanjab Barat saat dihubungi via ponsel, membenarkan jalanya proses Verifikasi Faktual yang dilakukan terhadap Partai Gerindra.

”Tadi (kamis, red) telah berlangsung verifikasi faktual terhadap partai gerindra dan alhamdulillah dengan hasil Memenuhi Syarat sesuai dengan ketentuan KPU,” ungkap Faizal Riza.

Diakui Faizal Riza, dalam pelaksanaan Verifikasi Faktual terhadap Partai Gerindra, pihaknya mengapresiasi apa yang telah dilakukan KPU dan Panwaslu. Dimana saat melaksanakan verifikasi faktual dilakukan secara Profesional.

”DPC mengucapkan terima kasih kepada KPU dan Panwaslu yg telah melaksanakan verifikasi faktual terhadap partai Gerindra secara profesional, dengan melibatkan seluruh kader dan pengurus partai,” ucapnya.

Selain itu dirinya selaku Ketua DPC juga memberi apresiasi terhadap pengurus DPC Kabupaten dan PAC Kecamatan yang telah bekerja keras dalam mensukseskan proses verifikasi.

“Tanpa bantuan kader, Partai tidak akan bisa lolos dalam verifikasi ini,” ucapnya lagi. (Reza)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button