JATIM

RPH TULUNG AGUNG DIDUGA SEMBELIH HEWAN SAKIT

Salah satu sapi Lumpuh di RPH Tulungagung

TULUNGAGUNG, JATIM, BN – Hati-hati mengkomsumsi daging di wilayah Tulungagung, pasalnya, daging yang beredar di Tulungagung itu diduga berasal dari hewan sakit yang di potong di Rumah Potong Hewan (RPH) Tulung Agung.

Hasil Investigasi tim BN di Lapangan, khususnya di Ruang Penyembelihan Hewan terdapat beberapa hewan yang lumpuh atau tidak bisa berdiri, ada yang sobek kulitnya hingga di kerumuni lalat.

BN sempat mendapati ada kendaraan mobil pick up pengangkut sapi yang dibawa dalam keadaan lumpuh saat dibawa ke ruangan RPH.  Sapi diturunkan dari mobil pick up dengan cara di seret dengan kasar ke area tempat tersebut padahal sudah terpapang jelas 5 prinsip kesejahteraan hewan (animal welafare). 1. Bebas dari rasa lapar dan haus. 2. Bebas dari sakit cidera dan penyakit. 3. Bebas dan ketidak nyamanan, penganiayaan dan penyalahgunaan. 4. Bebas dari rasa takut dan tertekan. 5. Bebas mengepreasikan perilaku alamiahnya.

Adanya dugaan pengedarkan daging hewan berpenyakit, BN ingin meminta konfirmasi tentang tindakan RPH yang menyembelih hewan sakit kepada Kepala Dinas Perternakan, namun ditemui oleh Bu Ida Bagian Lapangan, pihaknya dia  tidak bisa berkomentar secara pasti, “langsung saja ke Bu Kadin, tapi saat ini Bu Kadin masih kunker di luar kota,” jawabnya.

Hingga berita ini masuk ke redaksi BN, Kadin Peternakan Tulungagung belum berhasil dikonfirmasi BN. Tim BN akan memantau perkembangan lebih lanjut. (Ok)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button