JATIM

Kota Kamal Tempat Pembantaian Ratusan Kapal Tua



BANGKALAN, JATIM, BN – Desa Tanjung Jati di Kecamatan Kamal tempat yang ideal buat membantai kapal yang sudah afkir. Ratusan kapal besar dan kecil yang di potong2 untuk lalu di angkut ke Surabaya.

Sudah puluhan tahun kegiatan pemotongan kapal yg sudah tidak di pakai lagi ( afkir ) di desa Tanjung Jati kecamatan Kamal, Madura. Kegiatan pemotongan kapal melibatkan warga setempat maupun dari luar daerah.

Dari pantauan BN di lapangan di pantai desa Tanjung Jati ada sekitar 8 kapal ukuran besar yang di potong potong. Sementara di tengah laut ada beberapa kapal yang menunggu antrian untuk di tarik ke tepi.

Salah satu warga desa Tanjung Jati, Mul ( 51 ), Minggu, (01/4) saat di temui BN. “Kapal besar saat di tarik ke tepi menunggu bulan purnama karena air laut pasang. Setelah agak menepi mulai di potong kapal bagian depan nya dulu. Lalu sampai belakang. Kegiatan pemotongan kapal ini sudah berjalan puluhan tahun. Besi dari potongan kapal ini di bawa ke Surabaya lewat jembatan Suramadu” ujar Mul.

Dengan ada nya pemotongan kapal ini membuka usaha warga desa ini yang membuka warung makan. Sebagian besar para pekerja banyak yang makan di warung makan di sekitar tempat pemotongan kapal, lanjutnya. (adi)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button