JABAR

PUSKESMAS PAMARICA SOSIALISASI KE SEHATAN PADA MASYARAKAT

CIAMIS, JABAR, BN – Unit Pelaksana Teknis Daera (UPTD) Puskesmas Pamarica Kabu-paten Ciamis melakukan sosialisi kesehatan di Desa Neglasari kecamatan Pamarican baru-baru ini.

Tata Sudinta. S.km, Kepala UPTD Puskes-mas Pamarica kepada wartawan BN Mengatakan sosialisasi Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan PSBK ke tiga pada 26 Maret 2018 salah satunya Desa Neglasari.



Manurut Tata Sudinta, tujuannya program STBM dan PSBK yang pertama yaitu merubah sikap prilaku masyarakat hidup sehat dan bersih di lingkungan. Kedua, program Nawacita yang kelima dari Presiden Jokowi.

“Masyarakat akan di data di periksa di berikan penyuluhan di berikan konsultasi untuk supaya terpapar satu kesimpulan, tiap Kepala Keluarga (KK), tiap RT, tiap dusun, tiap desa, tiap Kecamatan terpapar ada satu kesimpulan penyakit dari tiap Keluarga,” terang Tata Sudinta.

Tujuannya dari program ini, menurut Tata Sudinta nanti akan tercapai  satu Indek keluarga sehat, “disana akan disimpulkan bahwa tiap KK itu penyakitnya apa, karena beda tiap KK beda penyakitnya,” tambah Tata Sudinta.



Inti sosialisasi ini, menurut Tata Sudinta adalah tiap KK mempunyai Rapor kesehatan dari puskesmas, “nanti ada team petugas pendataan SBK yang sudah di jadwalkan untuk terjun langsung ke masyarakat mendata ketiap-tiap KK yang insyaallah nanti pelepasannya sama camat,” pungkas Tata Sudinta.

Terpisah, Dedi Nono S, Kepala Desa Neglasari mengatakan,” bahwa dengan adanya kegitan sosialisasi kesehatan dari Puskesmas Pamarican  kami selaku Kepala Desa Neglasari menyambut baik karena merupakam program pemerintah untuk mendata kesehatan tiap KK  dan mem-berikan penyuluhan hidup sehat kepada masyarakat, seperti yang di utarakan oleh Kepala UPTD Tata Sudinta bahwa pada intinya supaya masyarakat mempunyai rapot kesehatan,” pungkasnya. ( Asep.s)



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button