SUMUT

JALIN SILAHTURAHMI, BUPATI HADIRI REUNI IKAMANSA

LABUHANBATU, SUMUT, BN – Mempererat silahturahmi Bupati Labuhanbatu mengha-diri acara lintasan generasi Ikatan Alumni MAN 1 Padang (IKAMANSA), Sabtu (31/3 /2018) di Jalan Sutan Soripada Mulia No. 31 Sidabuan Padang Sidempuan Utara Kota Padang Sidempuan Propinsi Sumatera Uta-ra.

Pada acara Alumni MAN 1 PSP dari Tahun 1983 s/d Tahun 2017 tersebut. H. Pangonal Harahap, SE, M.Si yang saat ini menjabat sebagai Bupati Labuhanbatu, dikalangan alumni atau pada masa-masa sekolah di MAN 1 PSP akrab dipanggil teman-teman-nya dengan nama Pangonal atau Nal.

Oleh Ketua Panitia, Ir. H. Hakim Hasibuan, MSi (Alumni 1985), Bupati Labuhanbatu Alumni 1988, dipersilahkan memberikan kata sambutan dan bercerita tentang kisah masa-masa sekolah dan pesan-pesan buat generasi MAN 1 PSP .

Bupati juga diberikan oleh teman-teman dan senior-seniornya sehelai Ulos Tapsel sebagai bentuk kehormatan dan tanda syukur sekaligus rasa bangga memiliki Alumni sukses menjabat sebagai Bupati di daerah kelahirannya.

H.Pangonal Harahap, SE, MSi, dalam sambu-tanya yang mengusung tema IKAMANSA dalam acara Silaturahmi Lintas Generasi ini, yaitu ‘Mewujudkan ukhuwah Nuansa Tempo Dulu Kembali Satu Dalam Kebersamaan” adalah sangat bagus dan sangat tepat untuk dilaksanakan. Karena H, Pangonal Harahap, menyatakan, Ukhuawah itu adalah saudara atau persaudaraan, yang manfaatnya sangat banyak antara lain:

Dapat menimbulkan sikap tolong menolong, akan tumbuh rasa saling memahami, membuka rasa tenggang rasa dan tidak menzholimi satu sama lain, yang paling utama dapat menciptakan solidaritas yang kuat antara sesama muslim, kemudian disisi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Ukhuwah itu dapat menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa dan terciptanya kerukunan hidup antara sesama warga masyarakat,” ucap bupati di acara tersebut.



Ukhuwah Islamiyah itu sendiri menurut Alumni 88 MAN 1 Padang Sidempuan ini, secara jelas dan terang termuat didalam Al-Quran (Surat Al-Hujurat ayat 10, Surat Ali Imran Ayat 103) serta Hadist Bukhori dan Muslim.

Al-Hujurat Ayat 10, Innamaal Mu’minuuna Ikhwatun Fa Ashlihuu Baina Akhawaikum Waattaquullaha La’alakum Turhamuun. Ar-tinya, “Orang-orang beriman itu sesung-guhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaiki hubungan) antara kedua sauda-ramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat”

“Semasa kita sekolah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padang Sidempuan ini, kita telah diajarkan dan dibimbing oleh guru-guru kita untuk berpegang teguh pada Al-Quran dan Hadist dan selalu mengingatkan kita agar Ukhuwah Islamiyah,” ujarnya.

“Serta, rasa persaudaraan sesama alumni dapat dipelihara dan dijaga dengan sebaik-baiknya agar generasi tidak hilang tetapi semakin maju,” tambah bupati

“Hari ini Ukhuwah itu telah kita wujudkan bersama-sama dan Alhamdulillah Kita semua dapat bertemu dan bernostalgia kembali dan kembali satu dalam keber-samaan,” pungkas Bupati H. Pangonal Harahap. (M.SUKMA).



Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button