HOMEJATIM

Pakde Karwo Tingkatkan Kerjasama Ekonomi Dengan Azerbaijan

AZERBAIJAN, BN – Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo menegaskan keinginannya untuk meningkatkan kerjasama dengan Azerbaijan khususnya bidang ekonomi seperti perdagangan, investasi, maupun pariwisata.

Hal tersebut disampaikannya saat jamuan makan malam bersama Dubes RI Untuk Azerbaijan Husnan Bey Fananie dan Wakil Menteri Luar Negeri RI Dr. Abdurrahman Mohammad Fachir di Wisma Kedutaan Besar RI, Baku, Azerbaijan, Jumat (6/4) malam.

Peluang kerjasama tersebut, jelas Pakde Karwo, sapaan lekat Gubernur Jatim, potensial untuk ditingkatkan, antara lain terdukung kondisi stabil sosial politik Jatim dengan masyarakatnya yang selalu rukun. Pada 2017 nilai kesalehan sosial Jatim sebesar 66 atau hampir tidak ada konflik sosial. Demikian pula, ekonomi provinsi ini semakin membaik.

“Selain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, apa yang dilakukan Pemprov. Jatim ini juga menjalankan amanat Bp. Presiden agar daerah meningkatkan nilao ekspornya,” ujarnya.

Sementara itu, Wamenlu Dr. Abdurrahman Mohammad Fachir menyatakan dukungannya terhadap langkah Pemprov. Jatim ini. Menurutnya, menjual ekonomi dan menjual kondisi yang stabil seperti dilakukan oleh Pemprov. Jatim juga menjadi jualan kemenlu. Sebab, tugas Kemenlu dan KBRI, terutama memastikan semua misi anak bangsa di luar negeri sukses dan terlindungi.

“Untuk itu, masyarakat Indonesia tidak perlu sungkan memanfaatkan Kemenlu dan 131 perwakilan Indonesia di luar negeri,” ujarnya yang diamini Dubes RI Untuk Azerbaijan Husnan Bey Fananie.

Income Perkapita US $ 17.400

Azerbaijan yang penduduk pada Juli 2017 sekitar 9.961.396 ini tercatat GDP income per kapita tahun 2017 sebesar US S 17.400.

Berdasarkan data, neraca perdagangan Jatim dengan Azerbaijan selama 2013-2017 menunjukkan surplus sebesar 10,09 juta US$, atau rata-rata share per tahun terhadap total ekspor Jatim sebesar 0,01%. Komoditi ekspor Jatim ke Azerbaijan a.l. sabun dan preparat pembersih, kayu, barang dari kayu, sedangkan Jatim mencatat belum mengimpor produk negara ini.

Kunjungan ke Layanan Publik

Sebagai bagian dari kunjungannya ke Azerbaijan, Pakde Karwo sebelumnya juga melakukan kunjungan ke Axanxidmat Baku, layanan publik yang meraih penghargaaan dari PBB atas prestasinya dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

Unit layanan publik dibawah kepresidenan Azerbaijan ini memberikan layanan publik seperti paspor, visa, dan dengan penyelesaian rata-rata hanya selama tiga jam. (dji)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button