LAMPUNG

Pemkab Lampura Peringati Hari Pendidikan Nasional Dengan Hikmat

LAMPUNG UTARA, LAMPUNG, BN – Pemerintah Kabupaten Lampung Utara menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kabupaten Lampung Utara Tahun 2018 di Halaman Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara. Rabu (02/05/2018).

Plt. Bupati Lampung Utara, dr. H. Sri Widodo, M.Kes, Sp.PD. FINASIM selaku Inspektur Upacara tersebut dan dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Lampung Utara, para Kepala Organisasi perangkat Daerah Kabupaten Lampung Utara, para Asisten, Tenaga Ahli, Staf Ahli, Para Guru, siswa-siswi dan Aparatur Sipil Negara Kabupaten Lampung Utara.

Dalam sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang dibacakan oleh Plt Bupati Lampung Utara menyampaikan dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018 ini kita mengambil tema ā€œMenguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaanā€

Sesuai dengan tema tersebut, diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini juga dijadikan momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan. Dalam waktu yang bersamaan kita menerawang ke depan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan.

ā€œPada Hari Pendidikan Nasional 2018 ini kita perlu merenung sejenak untuk menengok ke belakang, melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan, untuk kemudian bergegas melangkah ke depan guna menggapai cita-cita masa depan pendidikan Nasional yang didambakanā€. Ungkap Plt. Bpati Sri Widodo.

Sebagai masyarakat Indonesia yang sangat membutuhkan pendidikan, kita menyadari bahwa kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional yang kita cita-citakan masih jauh dari jangkauan. Kita terus berusaha keras memperluas akses pendidikan yang berkualitas, terus-menerus mengalibrasi praktik pendidikan agar memiliki presisi atau ketelitian yang tinggi, sesuai dengan tuntutan masyarakat, lapangan pekerjaan, dan kebutuhan pembangunan.

ā€œCita-cita pendidikan dan kebudayaan nasional hanya bisa terwujud jika kita bekerja keras dan berdaya jelajah luas. Hanya dengan cara itu, kerja pendidikan dan kebudayaan dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia.ā€ Kata Plt. Bupati.

Dalam penguatan SDM tersebut terbentang tantangan internal dan eksternal sekaligus. Tantangan internal tampak pada gejala tergerusnya ketajaman akal budi dan kekukuhan mentalitas kita. Misalnya, belakangan ini kita melihat melemahnya mentalitas anak-anak kita akibat terpapar dan terdampak oleh maraknya simpul informasi dari media sosial. Untuk menjawab tantangan ini, sejak awal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah meneguhkan pentingnya penguatan pendidikan karakter dan literasi, selain ikhtiar mencerdaskan bangsa. Hal itu sejalan dengan revolusi karakter bangsa sebagai bagian dari pengejawantahan program Nawacita Presiden dan Wakil Presiden.

Diakhir sambutannya, Plt. Bupati mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional kepada seluruh guru dan siswa siswi yang ada di Indonesia agar selalu semangat dalam memberikan ilmu dan mencari ilmu demi cita-cita yang diharapkan.

ā€œSelamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah ikhlas dan tulus berkontribusi tak kenal henti bagi usaha menguatkan pendidikan Indonesia serta memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga kita semua dapat menyaksikan Indonesia sebagai bangsa adidaya budaya dengan pendidikan yang kuatā€. Pungkasnya.

Penyerahan Piagam dan Piala kepada siswa-siswi yang berprestasi di Kabupaten Lampung Utara oleh Plt. Bupati Lampung Utara antara lain Livina berasal dari SMP XAVERIUS Kotabumi, juara 1 desain Poster, M. Rasyid Al Fajri berasal dari SMPN 1 Kotabumi jura 1 Matematika, Rara Ayundia A. berasal dari SMPN 2 Abung Selatan juara 1 IPA, Almaz Shalsabila A. berasal dari SMPN 10 Kotabumi Juara 1 IPS, Natasya Anisah berasal dari SMPN 1 Abung Selatan juara 1 Seni Tari, Diva Emralda C. berasal dari 7 Kotabumi juara menyanyi Solo.

Dengan ini, Plt. Bupati Lampung Utara memberikan apresiasi kepada Para guru karena keberhasilan mereka semua tidak lepas dari peran penting guru sebagai pendidik yang menjadikan para siswa meraih keberhasilan dan prestasi.

Maka dari itu, Plt. Bupati Lampung Utara akan memberikan surat edaran agar dapat membawakan lagu Hypne Guru dan wajib belajar disetiap acara yang berhubungan dengan dunia Pendidikan. (Irawan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button