JATENG

TMMD SENGKUYUNG II KODIM 0711/ PEMALANG SUKSES

PEMALANG, JATENG, BN – Upacara penutupan Operasi TMMD Sengkuyung tahap II TA.2018 Kodim 0711/Pemalang, Rabu (08/08/2018) pukul 09.30 s.d 10.00 WIB dilapangan Desa Mangli Kec.Randudongkal Kab.Pemalang telah dilaksanakan. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Letkol Inf. Edy Supriyadi S.S.M.M.MTr (Han) (Dandim 0711/Pemalang), dengan Komandan Upacara Kapten Arm. Andumiyanta (Danramil 13/Pulosari) yang diikuti lebih kurang lima ratus (500) orang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh H.Junaedi, SH.,MM. (Bupati Pemalang), Ferizal, SH.,MH. (Kajari Pemalang), Kompol Alkaf Chaniago SH.,MH. (Kabag Ops Polres Pemalang), Mayor J.Setiono (Kasiren Korem 071/WK), Kapten Laut (T) B.Teguh Santoso (Pasminlog Lanal Tegal), Kapten Lek. Ahmad (Kasilek Satradar 214/Tegal), Hisam (Kalapas II B Pemalang, Kepala OPD Kab.Pemalang, Muspika se Kab.Pemalang, Kepala OPD tingkat Kecamatan, Kades se Kec. Randudongkal, Organisasi wanita (PKK, Persit KCK, Bhayangkari), Siswa-siswi SD, SMP, SMU se-Kec. Randudongkal, serta masyarakat Desa Mangli yang terhimpun dari kelompok PKK dan Jamaah Pengajian.

Adapun sasaran kegiatan TMMD Sengkuyung tahap II  yang telah finish yaitu, (a) Sasaran Fisik : 1). Rabad beton Panjang 985 m lebar 3 m dan tebal 12 cm selesai 100%. 2). Pembuatan gorong gorong platdeker 1 unit, Panjang 4,5 m lebar 1,6 m dan tinggi 70 cm selesai 100%
(b) Sasaran non fisik : 1). Pelayanan KB dan pemeriksaan kesehatan, 2). Penyuluhan Kamtibmas, bahaya narkoba dan miras, 3). Penyuluhan hukum terpadu, 4). Penyuluhan UU No.22 tahun 2009 tentang lalu lintas, 5). Penyuluhan radikalisme dan terorisme, 6). Penyuluhan wawasan kebangsaan, 7). Penyuluhan tentang bencana alam, 8). Sosialisasi Pajale, 9). Sosialisasi penyelenggaraan administrasi penduduk, 10). Sosialisasi koperasi, 11). Rekaman data E KTP, 12). Sosialisasi tentang perijinan, 13). Pelayanan perpanjangan SIM, 14). Pelatihan perbengkelan, dan 15). Pemutaran film.

Sumber dana kegiatan bersumber dari APBD Provinsi : Rp. 187.200.000, dan APBD Kabupaten : Rp. 312.500.000, Jumlah total : Rp. 499.700.000.

Amanat Kepala Staf Angkatan Darat (Mulyono Jendral TNI) yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Letkol Inf Edy Supriyadi S.S.M.M.Mtr (Han) (Dandim 0711/Pemalang) sbb :
a. Salah satu peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan tersebut adalah turut serta pada kegiatan TMMD ke 102 tahun 2018 yang diselenggarakan selama 30 hari Mulai tanggal 10 Juli sampai dengan 8 Agustus 2018.
b. TMMD yang dilaksanakan 3 kali dalam setahun ini juga merupakan Wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong rasa cinta tanah air wawasan kebangsaan serta ketahanan nasional guna menjaga keutuhan NKRI kepada masyarakat dan khususnya generasi milenial.
c. TMMD 102 tahun 2018 kita melibatkan 50 Satgas TMMD di 50 kabupaten/Kota, 57 Kecamatan dan 79 desa dengan didukung oleh dinas Pemda setempat di antaranya Dinas Kesehatan, pertanian, BKKBN, sosial, kehutanan,  Pekerjaan Umum, Kejaksaan serta kepolisian.
d. TMMD kali ini dalam skala nasional kita telah berhasil mewujudkan program rehabilitasi lebih dari 200 unit rumah tidak layak huni pembukaan 86 KM Jalan Baru pengerasan dan betonisasi 60 KM Jalan perbaikan 30 rumah ibadah dan 8 sekolah pembangunan jembatan dengan panjang total 252 meter pembuatan 43 unit MCK pembangunan pos kamling dan saluran drainase di lebih dari 30 Desa pemberian kambing kepada peternak binaan serta penanaman 3500 pohon di lahan konservasi alam.
e. TMMD ke 102 ini TNI juga bekerjasama dengan kemenpora RI guna menyukseskan program unggulan Pemuda Mandiri membangun desa (PMMD) yaitu dengan meningkatkan kemandirian generasi muda di pedesaan dengan turut serta secara aktif membantu kegiatan fisik dan nonfisik saya berbesar hati melihat Bagaimana program ini berhasil dalam meningkatkan kapasitas dan daya saing para kaum muda dalam hal-hal olahraga menciptakan lapangan kerja baru bagi mereka serta mendayagunakan segenap potensi desa mereka masing-masing secara optimal
f. Pelibatan TNI dalam program pemerintah pada dasarnya telah Sesuai dengan amanat dalam UU TNI Nomor 34 Tahun 2004 khususnya tentang tugas TNI pada OMSP yaitu memberdayakan wilayah pertahanan secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta dan membantu tugas pemerintah di daerah khususnya dalam aspek pembangunan kualitas dan kesejahteraan masyarakat.
g. TNI AD berkomitmen untuk turut ambil bagian dalam upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dan mewujudkan kemanunggalan TNI rakyat sebagai kekuatan.

Usai Upacara Penutupan, acara dilanjutkan peninjauan lokasi TMMD Sengkuyung tahap II tahun 2018 Kodim 0711/Pemalang oleh Bupati Pemalang dan segenap jajaran kesatuan dan pemerintahan yang hadir. (AR)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button