JATIM

Bupati Tutup Program Sidoarjo Siap 24 Jam

SIDOARJO, JATIM, BN – Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH.M.Hum, menutupan program Sidoarjo siap 24 jam Tahap IV, Kamis (9/8/2018) di Makodim 0816 Sidoarjo.

Hadir dalam penutupan program Sidoarjo Siap 24 Tahap IV, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. Fadli Mulyono, Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji, Ketua DPRD Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan seperti ini. Kegiatan tersebut sebagai bentuk penyadaran masyarakat mengan-tisipasi munculnya kerawanan dan ancaman terhadap disintegrasi bangsa.

Ia katakan menjaga keamanan lingkungan dan keutuhan bangsa merupakan tanggung jawab bersama. Kesadaran tugas tersebut hendaknya tidak tumbuh karena adanya kegiatan Sidoarjo Siap 24 Jam saja. Kesadaran menjaga keamanan lingkungan dan keutuhan bangsa harus muncul dari diri sendiri.

Kata bupati, kegiatan Sidoarjo Siap 24 Jam telah mampu menciptakan kewaspadaan yang tinggi. Seluruh komponen masyarakat mampu menghadang gerakan suatu kelompok yang bertujuan memecah belah bangsa dan menjatuhkan pemerintahan yang sah. Oleh karenanya kegiatan Sidoarjo Siap 24 Jam sangat perlu bagi masyarakat Sidoarjo.

“Saya berpesan kepada masyarakat Sidoarjo agar ada tindak lanjut dari program Sidoarjo Siap 24 Jam ini, karena program Sidoarjo Siap 24 Jam ini merupakan langkah kongkrit masyarakat dalam berpartisipasi untuk menjaga keamanan dan ketentraman lingkungan guna menciptakan Kabupaten Sidoarjo yang aman dan kondusif,” pesannya.

Letkol Inf. Fadli Mulyono mengatakan penutupan Sidoarjo Siap 24 Jam Tahap IV sengaja dikemas dalam bentuk doa bersama untuk Indonesia. Tujuannya, untuk mendoakan bangsa Indonesia agar terhindar dari bencana alam seperti yang telah terjadi bencana gempa di Lombok beberapa hari lalu. Selain itu mendoakan agar Indonesia terhindar bahaya terorisme dan radikalisme serta bahaya narkoba.

Ia katakan Sidoarjo Siap 24 Jam sudah dilaksanakan selama dua bulan. Kegiatan diluar pokok kegiatan TNI AD tersebut bersinergi dengan Kabupaten Sidoarjo. Tujuannya untuk ikut serta membangun Kabupaten Sidoarjo.

Ia katakan sejak tahun 2010 kegiatan Sidoarjo Siap 24 Jam di selenggarakan. Namun dilanjutkan ditahun 2012, 2016 dan ditahun 2018 ini. Saat ini  Sidoarjo Siap 24 Jam memasuki tahap IV.

“Sidoarjo Siap 24 Jam sebagai upaya Kodim 0816 Sidoarjo membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo menciptakan situasi dan kondisi wilayah yang aman, nyaman dan sejahtera selama 24 jam,” ucapnya.

Ia juga katakan Sidoarjo Siap 24 Jam merupakan kegiatan inovasi dan kreatif Kodim 0816 Sidoarjo. Sidoarjo Siap 24 Jam memiliki makna Sidoarjo lebih Semangat, Inovasi, Aman dan Peduli (SIAP) selama 24 jam.

Ia katakan kegiatan Sidoarjo Siap 24 Jam mengedepankan pembinaan teritorial melalui kemitraan sebagai upaya untuk membangun sinergisitas bersama dengan segenap unsur. Untuk itu melalui kegiatan seperti ini ia berharap tercapainya hubungan yang harmonis antara aparatur Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo, TNI, Polri dan masyarakat demi terciptanya wilayah yang kondusif di Kabupaten Sidoarjo.

“Semoga kami pada Sidoarjo Siap 24 Jam yang akan datang dapat membantu tugas-tugas pemerintah daerah guna membentuk jiwa karakter masyarakat Sidoarjo khususnya para generasi muda untuk lebih SIAP, Semangat, Inovasi, Aman dan Peduli selama 24 jam,” harapnya.

Letkol Inf. Fadli Mulyono juga mengatakan berbagai kegiatan dalam Sidoarjo Siap 24 Jam telah dilaksanakan. Diantaranya seperti kegiatan Sidoarjo Bersih dan Hijau 24 Jam, Sidoarjo Guyub, kegiatan Rukun 24 Jam yang dikemas dalam lomba burung berkicau, kegiatan Sidoarjo Sehat, Aman dan Nyaman 24 jam dengan kegiatan bersih-bersih sungai serta kegiatan Cangkrukan Bela Negara yang dilakukan di seluruh kecamatan di Kabupaten Sidoarjo.

Diselenggarakan juga kegiatan lomba Cerdas Cermat  Bela Negara yang diiluti oleh seribu pelajar se Kabupaten Sidoarjo serta kegiatan Perkemahan Kebangsaan Bhineka Tunggal Ika yang diikuti oleh 500 peserta Pramuka. Tercatat ada 11 rangkaian kegiatan dalam Sidoarjo Siap 24 Jam tahap IV tahun ini.

“Dari berbagai kegiatan Sidoarjo Siap 24 Jam, hasilnya sudah dicapai diantaranya adalah Kodim 0816 Sidoarjo mampu membentuk pembinaan ketahanan wilayah yang handal dengan membentuk kader bela negara melalui mitra Kodim,” sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut Kodim 0816 Sidoarjo memberikan penghargaan kepada Bupati Sidoarjo dan TV9 atas dukungan dan kerjasamanya dalam kegiatan Sidoarjo Siap 24. (yah)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button