NAD

Warga Desa Akul Keluhkan Bidan Desa Tak Pernah Ditempat

 

Pos Yandu Lansia sering tidak ada aktifitas karena pintu nya terkunci

GAYO LUES, ACEH, BN – Warga desa Akul kecamatan Blang Jerago mengeluh kan ulah bidan desa (bides) setempat yang sudah lama tidak pernah datang di pos Yandu Lansia. Warga desa sangat mengharapkan keberadaan bidan desa untuk bisa melayani kesehatan warga desa Akul.

Keberadaan Pos Yandu Lansia yang terletak di desa Akul nampak sunyi dan terkunci. Keberadaan bidan desa yang bertugas di pos Yandu Lansia sudah lama tdk pernah datang lagi.

Inen Nia salah satu dari warga desa Akul saat di temui BN, Sabtu, (25/8/2018). “Kami selaku warga di buat bingung dengan ulah bidan desa yang bertugas di desa Akul apa pindah tugas atau memang sedang cuti, setiap ada ibu-ibu hamil yang mau melahir kan atau warga ingin berobat ke pos Yandu Lansia selalu bidan desa tidak ada di tempat” keluh Inen.

Semenjak bidan desa gak pernah datang lagi di pos Yandu Lansia, warga yang melakukan pemeriksaan kesehatan terutama ibu hamil harus berobat ke Puskesmas yang jaraknya di tempuh 30 menit dengan naik kereta. Meski harus melewati jalan perbukitan untuk menuju Puskesmas.

Bidan desa itu kan digaji untuk memberi pelayan kesehatan kepada masyarakat, terutama ibu hamil yang tengah mengandung. Terus terang, banyak keluhan dari warga disini yang mau melahirkan selalu bidan desa tidak pernah ada di tempat. Kami berharap Dinas Kesehatan cepat mencari bidan penganti, kalau memang bidan desa yang lama sudah tidak bertugas lagi, jangan biar kan kosong terlalu lama, lanjutnya.

Kepala Dusun Abdul Gani saat di temui BN di rumahnya, membenar kan keluhan warga terkait keberadaan bidan desa. “Kami sudah menegur bidan yang bersangkutan tetapi tetap tidak ada perubahan. Kami selaku aparatur desa sangat menyayang kan perilaku yang tak pernah ada di tempat ketika warga sangat membutuh kan bantuan pelayanan” ujar Abdul Gani.

Bidan desa memiliki kewajiban memberi pelayanan kepada warga, kami kembali akan mencoba untuk menegur nya tapi jika bidan desa tersebut tetap saja berulah ya dengan terpaksa akan kami lapor kan ke atasan jika perlu kami akan minta dia di ganti saja, lanjutnya.

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Gayo Lues Dr linda spd saat mau ditemui di rumahnya tidak ada di tempat. (dir)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button