Bupati Sidoarjo Pimpin Upacara Hari Pahlawan

0

SIDOARJO, JATIM, BN – Hari Pahlawan 10 November kembali diperingati di Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (10/11/2018). Peringatan ke 73 Hari Pahlawan Nasional ini dilakukan dengan melaksanakan upacara di Alun – Alun Sidoarjo dan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan.

Bupati Sidoarjo bersama dengan Forkopimda melaksanakan do’a bersama diatas batu nisan mantan Bupati Sidoarjo periode pertama R.A.A. Soejadi (periode 1933-1949) yang telah wafat pada 26 Oktober 1974, juga dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Sidoarjo.

Pada pelaksanaan Upacara ini, Bupati Saiful Ilah bertindak selaku Inspektur upacara yang diikuti oleh seluruh elemen di Kabupaten Sidoarjo, diantaranya, Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, Ketua DPRD Sidoarjo Sulamul Hadi Nurmawan, Dandim 0816 Letkol Kav. Arief Cahyo Widodo perwakilan dari forkopimda, para veteran, tokoh masyarakat, tokoh agama, BUMN, jajaran Pemkab Sidoarjo, TNI Polri, para mahasiswa dan pelajar SD SMP dan SMA.

Pada upacara tersebut, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah membacakan sambutan Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Peringatan Hari Pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri. Sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur,” kata Menteri Sosial dalam sambutannya yang dibacakan oleh Saiful Ilah.

Pada kesempatan ini Bupati Saiful Ilah juga menyematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya secara simbolis kepada enam perwakilan Pegawai Negeri Sipil, diantaranya Ali Imron Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana, Nayono Kepala UPT SDN Gelam 2 Candi, Wedaringsih Sajekti Sekretatis Pimpinan Bagian Umum Setda Sidoarjo, dr. Husen Basalamah Kepala Bagian Perencanaan dan Pemasaran RSUD Sidoarjo, Ari Siswanto Efendi Perawat Pelaksana RSUD Sidoarjo dan Vira Murti Krida Laksmi Kasubag Bina Pemerintahan Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Sidoarjo.

Penghargaan diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah berbakti selama 10 atau 20 atau 30 tahun lebih secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetian dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya.

Usai upacara, Bupati dan rombongan melanjutkan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Sidoarjo.

Di TMP ini Dandim 0816 Letkol. Kav. Arief Cahyo Widodo, bertindak selaku Inspektur dan meletakkan karangan bunga di tugu TMP.

Pada peringatan hari pahlawan tahun ini, pemerintah pusat telah menetapkan tema “ Semangat Pahlawan di Dadaku”, tema tersebut mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga Negara Indonesia tanpa terkecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan Negara. (yah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *