JATIM

Masyarakat Antusias Sambut Program Gema Desa Kabupaten Malang

MALANG, JATIM, BN – Demi mensukseskan Program Pemerintahan Kabupaten Malang kini Wakil Bupati Malang Drs. H.M. Sanusi, M.M., telah mencanangkan kegiatan Gema Desa (Gerakan Membangun Desa) di Kecamatan Turen Kabupaten Malang Jawa Timur, Jumat (4/1/2019).

Dengan waktu yang singkat dalam sehari, Sanusi bersama jajaran Kepala OPD dan pejabat Pemkab Malang blusukan ke sejumlah desa di Kecamatan Turen untuk mengecek pembangunan yang sudah dilakukan oleh masing-masing OPD dan sekaligus menyerap aspirasi masyarakat.

Adapun beberapa desa yang dikunjungi oleh Drs. H.M.Sanusi,M.M., selaku Plt. Bupati Malang beserta rombongan yang diantaranya Desa Sawahan, Desa Undaan, Desa Gedog wetan dan Desa Sanankerto.

Beberapa kegiatan yang dilakukan Sanusi di Desa Sawahan Kecamatan Turen Kabupaten Malang diantaranya berinteraksi dengan masyarakat, meninjau peternakan bebek, meninjau pembangunan sumur bor dan meninjau pembangunan maupun rehab rumah tidak layak huni.

Menurut keterangan Sanusi saat dikonfirmasi wartawan menyampaikan, “bahwa kegiatan ini untuk memastikan pembangunan yang dilakukan seluruh OPD maupun setiap desa yang sudah berjalan sesuai dengan perencanaan dan selain pembangunan diutamakan untuk kepentingan masyarakat luas, disisi lain juga memberikan pelayanan kepada masyarakat. Seperti halnya Dispendukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) Kabupaten Malang yang membuka layanan Jebol Anduk (Jemput Bola Administrasi Kependudukan) untuk melayani pengurusan dokumen kependudukan bagi masyarakat desa,” ujarnya.

Masih lanjut Sanusi, “mengenai program Gema Desa ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang pada intinya fokus pembangunan Pemkab Malang ada tiga hal, yakni pengentasan kemiskinan, lingkungan hidup dan optimalisasi pariwisata. Hal ini juga dilakukan pada kegiatan Gema Desa dan hasilnya banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya,” tambahnya.

Dengan berlangsungnya kegiatan Gema Desa ini, Dipendukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) Kabupaten Malang membuat suatu trobosan yakni Jebol Anduk (Jemput Bola Adminitrasi Kependudukan). Oleh karena itu, Abdul Rokhim, S.sos., M.M., selaku Kepala Bidang Catatan Sipil saat dikonfirmasi wartawan menjelaskan, “untuk mensuskseskan program GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi), maka Dispendukcapil Kab.Malang melakukan pelayanan pada masyarakat khususnya di Desa Sawahan Kecamatan Turen Kabupaten Malang untuk proses pembuatan e-KTP dengan jumlah 160 keping, Kartu Keluarga 80 lembar, Akte Kelahiran 25 lembar, Akte Kematian 6 lembar, KIA (Kartu Identitas Anak) 539 keping dan mengenai proses perekaman e-KTP yang masih berlangsung berjumlah 58,” terangnya.

Mengingat kegiatan Gema Desa yang sudah berlangsung di Desa Sawahan Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Sunarko selaku Kepala Desa Sawahan menambahkan, “bahwa Gerakan Indinesia Sadar Administrasi melalui trobosan Jemput Bola Administrasi Kependudukan yang sudah dilakukan oleh Dispendukcapil ini adalah suatu hal untuk mempermudah proses pelayanan pembuatan e-KTP,Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akte Kematian dan Kartu Identitas Anak. Oleh sebab itu saya mengucapkan banyak terima kasih terkait proses pelayanan yang sudah dijalankan di Desa Sawahan,” tutupnya. (NN)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button