Connect with us

40 Pelanggaran Lalu Lintas Terekam Kamera CCTV Satlantas Polres Klaten

JATENG

40 Pelanggaran Lalu Lintas Terekam Kamera CCTV Satlantas Polres Klaten

KLATEN, JATENG, BN – Sebanyak 40 pelanggar lalu lintas terekam kamera closed circuit television(CCTV) di tiga lokasi berbeda di wilayah hukum Polres Klaten.

Pelanggaran yang terekam kamera CCTV tersebut terjadi selama sosialisasi penerapan electronic traffic law enforcement (E-TLE) yang dilakukan jajaran Satlantas Polres Klaten.

Demikian disampaikan Kasatlantas Polres Klaten AKP Adhytiawarman Gautama Putra mewakili Kapolres Klaten AKBP Aries Andhi kepada BN, Jumat (11/1) pagi.

“Sosialisasi kami lakukan sejak tanggal 7 hingga 20 Januari 2019 mendatang. Selama masa itu tidak akan dilakukan penindakan terhadap pelanggar yang terekam kamera CCTV.  Mulai tanggal 21 Januari 2019 kami akan melakukan penindakan terhadap pengguna kendaraan yang melakukan pelanggaran lalu lintas dan terekam di kamera CCTV,” kata Kasatlantas Polres Klaten.

AKP Adhytiawarman Gautama Putra menjelaskan, selama masa sosialisasi tersebut pihaknya telah mengirimkan surat konfirmasi kepada puluhan pengendara yang terekam di kamera CCTV telah melakukan pelanggaran.

Surat konfirmasi dikirimkan melalui jasa pos kepada pelanggar lalu lintas. Dari 40 pelanggaran tersebut, hanya 7 terduga pelanggar saja yang datang ke Satlantas Polres Klaten untuk melakukan konfirmasi pelanggaran.

Menurutnya, Satlantas Polres Klaten telah menempatkan kamera CCTV di 3 lokasi yaitu,  di simpang empat RSI Jalan Jogya-Solo, di simpang empat BAT Jalan Diponegoro dan di simpang empat traffic light Pasar Srago.

“Selama masa sosialisasi  semua kamera CCTV telah dapat berfungsi dengan baik, dan petugas selaku operator juga dapat menggunakan dengan baik,” jelasnya.

Kasatlantas Polres Klaten mengatakan, jenis pelanggaran yang terekam dalam kamera CCTV seperti, pengendara yang melanggar marka jalan dan pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm.

Untuk kedepannya, selain memanfaatkan kamera CCTV yang telah terpasang di 3 lokasi tersebut, Satlantas Polres Klaten kelak akan bekerjasama dengan pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten untuk memanfaatkan kamera CCTV yang dimiliki Dishub.

“Kami akan bekerjasama dengan Dishub untuk memanfaatkan kamera CCTV yang mereka miliki untuk mendukung pelaksanaan e-TLE secara lebih maksimal. Sehingga cakupan wilayah pantauan akan menjadi lebih luas lagi sehingga memberikan hasil yang lebih baik,” pungkas Kasatlantas Polres Klaten. (rkt)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JATENG

To Top
%d blogger menyukai ini: