JATIM

Persiapan HPN 2019 Sudah 90 Persen

SURABAYA, JATIM, BN – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019 yang akan digelar di Provinsi Jawa Timur saat ini persiapannya telah mencapai 90 persen. Artinya, Provinsi Jatim telah siap menyambut perayaan insan pers nasional tersebut.

“Sesuai arahan Bapak Gubernur Jatim bahwa pelaksanaan HPN ini harus dikelola secara detail jangan sampai pelaksanaan HPN ada kekurangan, kata Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, Dr. Ir. Heru Tjahjono, MM yang sekaligus Ketua Panitia Penyelenggaraan HPN 2019 saat mengikuti Dialog Publik di TVRI Jawa Timur, Kamis malam (10/1).

Sebagai langkah awal, pada 15 Januari nanti akan diselenggarakan seminar di Universitas Airlangga Surabaya. Menurutnya, hal ini menggambarkan bahwa penyelenggaraan HPN ini tidak hanya untuk insan pers saja melainkan juga para akademisi atau mahasiswa. Tidak hanya itu, berbagai rangkaian kegiatan HPN seperti pameran dan seminar juga menggambarkan bahwa penyelenggaraan acara nasional ini juga untuk masyarakat luas.

Menurutnya, beberapa alasan dipilihnya Jatim sebagai tuan rumah pelaksanaan HPN karena Jatim merupakan provinsi yang fokus mengembangkan UMKM. Selain itu, Jatim memiliki potensi wisata yang bisa diekspos baik wisata budaya maupun wisata alam. Tidak hanya itu, Provinsi Jatim di bawah kepemimpinan Pakde Karwo memiliki pertumbuhan ekonomi paling baik di Indonesia.

Sekda mengatakan, sesuai tema pelaksanaan HPN tahun 2019 yakni Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital, penyelenggaraan HPN ini diharapkan akan membawa dampak baik terhadap tumbuhnya sektor UMKM di Jatim. Ia berharap ke depan pers akan lebih banyak memberitakan soal UMKM kepada masyarakat luas.

Mungkin yang tadinya pers lebih banyak memberitakan soal politik, olahraga dan lain-lain, porsi pemberitaan soal UMKM bisa meningkat, ini sekaligus membantu promosi mereka, katanya.

Tidak hanya itu, ia juga berharap pers ikut berperan dalam membangun dan memfasilitasi UMKM. Termasuk menyampaikan berita atau informasi yang membangun kepada masyarakat, bukan sebaliknya.

Karena keberhasilan suatu pembangunan akan diketahui masyarakat bila disampaikan dengan baik oleh media, sehingga penyelenggaraan HPN besok sekaligus menjadi momentum menguatkan peran pers sendiri, katanya.

Kegiatan HPN tahun 2019 di Provinsi Jatim sendiri memiliki berbagai rangkaian kegiatan. Diantaranya bedah rumah, pengobatan gratis, night run dan hiburan rakyat, pameran teknologi media, press tour, workshop dan seminar nasional. Acara HPN sendiri puncaknya akan diselenggarakan pada tanggal 9 Februari 2019 di Grand City Surabaya. (dji)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button