Connect with us

Satgas Yonif Raider 408/Sbh Melatih Warga Salore cara Membuat Furniture

13 views

Satgas Yonif Raider 408/Sbh Melatih Warga Salore cara Membuat Furniture

ATAMBUA, NTT, BN – Anggota Satuan Tugas Pengaman perbatasan RI – RDTL sektor timur Pos Salore Yonif Raider 408/Sbh memberikan pelatihan pertukangan kepada warga dusun Mudafean desa Tulakadi Kecamatan Tastim Kabupaten Belu mulai dari teknik pertukangan, cara membelah kayu, memotong, memasa, memahat, dan merangkai kayu dari bahan baku menjadi sebuah kerajinan seperti meja dan kursi.

Dusun Mudafean desa Tulakadi Kecamatan Tastim Kabupaten Belu – NTT terletak di garis terdepan NKRI dengan Negara Timor Leste yang memiliki potensi sumber daya alam khususnya pohon jati. Sebatas mata memandang betapa pohon Jati tumbuh dihamparan wilayah desa Tulakadi.

Kekayaan sumber daya alam ini bisa dibaca oleh anggota Satgas Yonif Raider 408/Sbh untuk meningkatkan ketrampilan warga setempat melalui pelatihan ketrampilan dasar membuat furniture. Sehingga pohon Jati bisa menjadi nilai ekonomi buat warga perbatasan.

Memberikan pelatihan ketrampilan pertukangan di masayarakat perbatasan di RI – Timor Leste untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat perbatasan Salore melalui ketrampilan pertukangan seperti yang diharapkan Dansatgas Pamtas RI-RDTL, Mayor Inf Joni Eko Prasetiyo S.I.P melalui Danpos Salore, Letda Inf Tugiyo saat di temui BN, Selasa, (29/1). “Kehadiran Satgas Pamtas Yonif Raider 408/Sbh ini, selain menjaga keamanan perbatasan juga mempelopori usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat. Selama ini kami melihat ada potensi yang bisa di gali untuk menambah pendapatan masyarakat salah satunya adalah pohon jati yang dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis. Harapan kami masyarakat disini akan semakin membaik perekonomiannya dan sejahtera, setelah mereka memiliki bekal ilmu yang kami ajarkan kepada mereka sehingga keberadan kami di sini bermanfaat bagi masyarakat perbatasan. Untuk itu pihaknya akan selalu mendorong dan mendampingi masyarakat sekitar untuk berpikir dan berbuat satu langkah lebih maju” ujar Letda Inf. Tugiyo.

Di tempat yang sama salah satu warga Salore, Hery Jeremias Mauk yang mengikuti pelatihan sangat antusias dan menyambut baik kegiatan yang diberikan anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 408/Sbh. “Saya sangat berterima kasih kepada anggota TNI Pos Salore atas perhatiannya untuk memberi pelatihan pertukangan ini sehingga saya dapat ilmu untuk membuat sesuatu yang bermanfaat seperti meja dan kursi, yang nantinya akan bisa menghasilkan tambahan keuangan dari hasil pertukangan untuk keluarga” ungkap Hery Jeremias Mauk.

Harapan saya dengan ilmu ketrampilan pertukangan yang sudah didapatkan sekarang ini perlu di tingkatkan lagi. Saya mohon perhatian dari Dinas Perindustrian untuk melatih kami supaya barang yang kami buat bisa lebih halus dan bisa bersaing dengan pengrajin mebeler yg sudah lebih dulu ada, pungkasnya. (anis ikun/Jati).

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in NTT

To Top
%d blogger menyukai ini: