JATENG

Siap Sukseskan Pilkades, Ratusan Calon Kades Gelar Deklarasi Damai

KLATEN, JATENG, BN – Sebanyak 798 calon kepala desa (cakades) yang akan maju di Pilkades serentak gelombang II mengikuti deklarasi damai. Peserta deklarasi damai merupakan calon kades yang akan berlaga di 269 desa se-Kabupaten Klaten. Kegiatan berlangsung di GOR Gelarsena Klaten, Selasa (5/2) pagi.

Dalam butir deklarasi tercapai komitmen ratusan calon kades antara lain, adanya larangan untuk saling menghujat antar cakades, tim sukses maupun pendukung. Calon kades siap mensukseskan Pilkades damai sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

Selanjutnya, calon kades siap menciptakan iklim kondusif menjelang pilkades, saat pilkades dan setelah pilkades. Saling menghormati dan tidak saling menghujat antar calon.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Klaten Joko Purwanto mengatakan, tujuan dari deklarasi damai adalah untuk melihat kesiapan calon kepala desa jelang Pilkades yang sudah semakin dekat.

“Pilkades sudah semakin dekat, dengan adanya deklarasi semuanya memiliki komitmen untuk mewujudkan Pilkades yang aman dan sukses tanpa ekses,” kata Joko.

Bupati Sri Mulyani dalam sambutannya mengharapkan calon kepala desa bisa menjaga daerahnya agar tetap kondusif.

“Calon kades harus benar-benar siap untuk kalah dan siap menang. Harus saling menghargai dan menghormati. Setelah tanggal 13 Maret nanti yang menang harus mampu merangkul semua. Bersatu lagi, kembali bekerja bareng lagi untuk membangun desa,” kata Bupati Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengingatkan bahwa, pemilihan kepala desa merupakan adu strategi dan bukan adu otot.  Program yang ditawarkan harus dapat mensejahterakan masyarakat demi kemajuan desa dan dalam rangka mewujudkan Klaten yang maju, mandiri dan berdaya saing.

“Yang menang harus segera mewujudkan komitmennya untuk mensejahterakan masyarakat. Yang kalah jangan putus asa, masih bisa maju lagi di kesempatan berikutnya,” pungkas Bupati Sri Mulyani. (rkt)

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button