JATENG

Peduli Pada Kaum Difabel, H Sukiyat Bagikan Ratusan Kursi Roda di Sejumlah Tempat Ibadah dan Fasilitas Umum

H. Sukiyat saat menyerahkan bantuan

KLATEN, JATENG, BN – Pemilik bengkel Kiat Motor, H Sukiyat, membagikan ratusan kursi roda di sejumlah tempat ibadah dan fasilitas umum seperti terminal dan stasiun yang ada di Klaten. Penyerahan secara simbolis dilakukan Sukiyat kepada Takmir Masjid Agung Al-Aqsha Klaten, KH Mustari, Minggu (10/3) pagi.

Menurut Sukiyat, tujuan pemberian bantuan ratusan kursi roda didasarkan pada saat ia membutuhkan kursi roda di fasilitas umum namun tidak tersedia. Hal tersebut jelas menyulitkan dirinya bila ingin masuk ke ruang utama yang tidak ada ramp atau bidang miring dan rail.

“Bila ada suatu gedung tidak dilengkapi dengan hand rail dan ramp akan menyulitkan akses kaum difabel yang akan melintas dari tempat parkir menuju ke ruang utama. Kaum difabel akan kesulitan menggunakan fasilitas seperti kamar mandi jika harus masuk ke bawah dengan puluhan anak tangga ke tempat kolam cuci kaki di akhir anak tangga,” katanya.

Lanjut H. Sukiyat, ia pernah melihat kaum difabel pengguna kursi roda yang harus dibantu diangkat saat ingin mengakses ruang utama di sejumlah tempat ibadah.

Menurut Sukiyat, sejalan dengan UU Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas sudah dijelaskan mengenai hak keagamaan bagi kaum difabel.

Dijelaskannya, kaum difabel memiliki hak untuk memperoleh kemudahan dan akses dalam memanfaatkan tempat peribadatan dimanapun mereka berada.

“Bahwa kaum difabel berhak mendapatkan pelayanan sesuai kebutuhan pada saat menjalankan ibadah menurut agama dan kepercayaannya,” ujarnya.

Sukiyat saat penyerahan bantuan kursi roda juga melihat kondisi aksesibel sebenarnya yang tidak hanya terbatas pada bangunan fasilitas umum saja akan tetapi mencakup juga lingkungan sekitarnya.

Ada empat variable penting aksesibilitas yang dibuktikan dengan kemudahan untuk dapat menuju, mencapai, memasuki dan menggunakan tempat-tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Agung Al-Aqsha Klaten KH Mustari mengatakan bahwa pihak masjid telah mengakomodasi aksesibilitas tempat ibadah bagi kaum difabel namun memang belum dilengkapi sarana penunjang seperti kursi roda.

“Di Masjid ini sudah dilengkapi lift untuk memudahkan akses bagi penyandang disabilitas dan lansia. Kami menghargai dan berterima kasih kepada Bapak H Sukiyat yang telah berkenan membantu sarana untuk penyandang disabilitas dan lansia dengan pemberian kursi roda di Masjid Al-Aqsha Klaten dan di tempat-tempat lain,” kata Mustari.  (rkt)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button