JATENG

Pemkab Klaten Gelar Peringatan Hari Otonomi Daerah

KLATEN, JATENG, BN — Pemerintah Dae-rah (Pemda) Klaten menggelar upacara bendera dalam rangka peringa-tan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-23. Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten Jaka Sawaldi bertindak selaku inspektur upacara dalam kegiatan yang berlang-sung di halaman Pendopo Pemkab Klaten, Kamis (25/4).
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Jaka Sawaldi mengatakan, melalui otonomi daerah pemerintah pusat mendorong pemerintah daerah baik provinsi/kabupaten/kota untuk mengoptimalkan kreativitas dan inovasi baik Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sumber Daya Alam (SDA) dalam rangka memperkokoh pembangunan nasional.
“Tema Hari Otda tahun 2019 yakni Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif. Tema tersebut merupakan refleksi dari eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada pemerintah untuk memberdaya-kan ekonomi daerah dalam rangka mewujudkan kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan daerah,” jelasnya.
Menurutnya, perjalanan otonomi daerah pasca reformasi hingga sekarang dikata-kan banyak kemajuan yang telah dicapai. Buktinya, otonomi daerah telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah karena dengan otonomi daerah, Pemda dan masyarakat diberikan kesempatan yang luas untuk mengembangkan kreativitas dan inovasinya.
Jaka Sawaldi menambahkan, muara dari pelaksanaan otonomi daerah adalah terwujudnya kesejateraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan serta partisipasi masyarakat dalam pemba-ngunan. Dengan otonomi daerah diharapkan pemerintah daerah dapat meningkatkan daya saing dengan tetap memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan serta potensi keanekaragaman daerah.  (rkt)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button