JATIM

Hakim Kabulkan Gugatan Class Action Warga Perumahan Wisata Bukit Mas

SURABAYA, JATIM, BN – Puluhan warga perumahan Wisata Bukit Mas RW 006 meluapkan kegembiraanya di luar ruangan sidang Sari 1 Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin (20/5/2019).

Bahkan mereka sempat berfoto bersama sambil mengacungkan jempol, karena gugatan perbuatan melawan hukum terhadap PT Binamaju Mitra Sejati (BMS) dikabulkan majelis hakim. Maklumlah, selama ini mereka merasa dijadikan sapi perahan oleh pihak pengembang.

“Mengadili menyatakan menolak konvensi/rekovensi dari tergugat. Mengabulkan sebagian gugatan dari pihak penggugat,” ucap Agus Hamzah membacakan amar putusan sidang.

Majelis hakim dalam pertimbangannya menyatakan Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL) Wisata Bukit Mas telah dihapuskan dan pengembang tidak boleh sewenang- wenang lagi menaikan tarif IPL tanpa mendapatkan persetujuan lebih dulu dengan warga.
“Bahwa PT Binamaju Mitra Sejati (BMS) telah melakukan perbuatan melawan hukum, serta harus tunduk dan patuh terhadap isi putusan ini,” tambah Agus Hamzah.

Terhadap putusan ini kuasa hukum warga RW 06 perumahan Wisata Bukit Mas, Adi Cipta Nugraha mengaku bersyukur sebab kebenaran sudah ditegakkan, warga sudah mendapatkan payung hukum, iuran warga telah dihapus dan untuk iuran selanjutnya warga akan musyawarah dulu.
Adi seorang Advokat Java Lawyer ini menambahkan, ini menjadi pedoman bagi pengembang-pengembang yang lain, dan warga harus berani menyuarakan kebenaran, kita bersyukur kebenaran sudah ditegakan, kita mendapatkan keadilan,” ucap Adi sambil dikawal puluhan warga bukit mas

Diketahui, persoalan antara ratusan warga perumahan Wisata Bukit Mas RW 006 yang diwakili Ir. irwan Yuli Priharto, Neco Setiawan SP, Richard Suleman dan Dr. Oscarius Yudhi Ari Wijaya MM serta Tan Khing Liong melawan PT Binamaju Mitra Sejati (BMS) berawal dari masalah Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL).

Warga beranggapan pihak pengembang telah sewenang- wenang menaikan tarif IPL setiap bulannya hingga mencapai jutaan rupiah.
Tarif-tarif yang dianggap sewenang-wenang oleh warga RW 006 perumahan Wisata Bukit Mas dan tidak mempunyai kekuatan hukum yang mengikat antara lain ;

Surat No. 001/ESTATE/V/2012 tentang Pemberitahuan Perubahan Tarif Retribusi yang menentukan perubahan tarif sebesar Rp 1.000/M2 yang berlaku tanggal 01 Juni 2012.

Surat No. 014/ESTATE/V/2013 tentang Pemberitahuan Kenaikan Retribusi Biaya Pengelolaan Lingkungan yang menentukan kenaikan tarif Rp 1.375/ M2.

Surat No. 009/WBM-ESTATE/XII/2014 tentang IPL yang menentukan kenaikan biaya retribusi tahun 2015 sebesar Rp 1.650/M2.
Surat No. 067/Warga-Estate/XII/2015 tentang Pemberitahuan Retribusi Biaya Pengelolaan Lingkungan Wisata Bukit Mas yang menentukan besar biaya Retribusi tarif 2016 sebesar Rp 2.035/M2.

Surat Nomor 165/ESTATE-WARGA/XII/2016 Tentang Pemberitahuan Kenaikan Retribusi Biaya Pengelolaan Wisata Bukit Mas Tahun 2017 yang menentukan besar kenaikan biaya retribusi sebesar Rp 2.200/M2.

Surat No. 062/Estate-Warga/XII/2017 tentang Pemberitahuan Kenaikan Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL) Wisata Bukit Mas Tahun 2018 yang menentukan besar iuran untuk 1 Januari 2018 sebesar Rp 2.310/M2. (ags/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button