JATENG

Pancasila Mampu Menyatukan Perbedaan Bangsa

KLATEN, JATENG, BN – Peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Kabupaten Klaten digelar di Alun-alun Kota Klaten, Sabtu (1/6) pagi.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI Hariyono dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Sri Mulyani mengatakan, Hari Lahir Pancasila 1 Juni agar dapat dijadikan momentum seluruh anak Bangsa Indonesia untuk meneguhkan keyakinan dalam sanubari bahwa Pancasila mampu menyatukan perbedaan yang ada sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kondisi geografis Bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan telah memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air Indonesia. Negara Indonesia merupakan satu kesatuan gugusan pulau yang berada di antara dua samudera dan dua benua. Kondisi ini akan meneguhkan Bangsa Indonesia memiliki ruang hidup tanah air sebagai satu kesatuan. Ada relasi perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan sebagaimana konsep wawasan nusantara,” katanya.

Menurutnya, Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia.

Meski Bangsa Indonesia belum secara sempurna merealisasikan nilai-nilai Pancasila, namun harus diakui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih mampu bertahan sampai sekarang karena berkat Pancasila.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Klaten agar Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora dan fauna hingga antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif,” kata Bupati Sri Mulyani. (rkt)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button