JATIM

Pesan Abah Ipul Kepada Jemaah Haji Asal Sidoarjo

SIDOARJO, JATIM, BN – Ada sebanyak 2.171 Calon Jamaah Haji (Calhaj) Sidoarjo akan berangkat ketanah suci Mekah Tahun 2019 ini.

Para tamu Allah SWT tersebut mendapatkan Bimbingan Manasik Haji Massal dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo di gedung serbaguna Lingkar Timur, Rabu, (13/6).

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH, M.Hum hadir secara langsung membuka kegiatan tersebut.

Ada beberapa pesan yang disampaikan bupati Sidoarjo kepada Calhaj saat itu.

Yang pertama, dirinya meminta Calhaj untuk selalu mengikuti petunjuk yang diberikan oleh penyelenggara manasik saat melaksanakan ibadah haji nanti. Hal tersebut penting dipedomani agar nanti tidak mengalami hambatan-hambatan yang dapat membatalkan ibadah haji.

Yang keduan pesan H. Saiful Ilah adalah untuk selalu membina dan menjaga hubungan baik antar calon jamaah haji.

Yang Ketiga adalah untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani.

Bupati Sidoarjo yang akrab dipanggil Abah Ipul tersebut meminta Calhaj untuk membawa obat-obatan yang biasa dikonsumsinya. Jangan mengkonsumsi obat yang tidak biasa dipakai. Hal tersebut dikhwatirkannya akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Yang keempat atau terakhir Calhaj dimintanya untuk meluangkan waktunya bertafakur, memanjatkan doa kepada Allah SWT demi keselamatan bersama.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo H. Achmad Rofii mengatakan jumlah Calhaj Sidoarjo tahun ini sebanyak 2.171.

Namun sebenarnya ada 2.300 Calhaj. Jumlah tersebut berkurang karena sebagaian Calhaj mutasi keluar daerah. Mereka ikut pemberangkatan haji melalui kabupaten/kota lain.

H. Achmad Rofii katakan tahun ini pemberangkatan Calhaj dibagi menjadi 10 Kloter.

Nantinya Pemkab Sidoarjo akan menyiapkan transportasi bus gratis pemberangkatan para Calhaj ke asrama haji Sukolilo Surabaya sebelum terbang ketanah suci.

Akomodasi gratis tersebut disediakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Selain itu Pemkab Sidoarjo juga akan memberikan seragam haji berupa batik Sidoarjo kepada para Calhaj Sidoarjo. (yah)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button