JATIM

Mardi Utomo SE Siap Membawa Desa Petiken Menuju Desa Mandiri Dan Bermartabat

GRESIK, JATIM, BN – Masyarakat Desa Petiken memberikan apresiasi kepada Mardi Utomo SE Calon Kepala Desa Petiken Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik, pasalnya calon kepala desa petahanan ini telah berhasil membawa perubahan-perubahan, mulai dari pengurusan surat gratis, jalan bagus dan hampir semua jalan ada lampu penerangan. Hal itu sangat berbeda sebelum Mardi Utomo menjabat kades.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja Pak Mardi Utomo, dengan kemampuannya sudah berhasil membawa Desa Petiken lebih maju, baik pembangunan infrastruktur maupun SDM warganya,” terang Candra warga Jalan Pancawarna Kota Baru Driyorejo.

Sosok mantan kepala desa yang bertalenta, berkharisma, dan tegas dalam bertindak, ketika berbincang-bincang dengan wartawan Bidik Nasional blak-blakan mengungkapan visi dan misi rencana kedepan pembangunan Desa Petiken.

“Visi kami membawa Desa Petiken menuju desa swasembeda yang tertib, mandiri, berbudaya dan bermartabat sedangan misi kami ada 12 point untuk membangun Desa Petiken,” terang Mardi Utomo Calon Kepala Desa Petahana ini.

Dalam program kerjanya kedepan Mardi Utomo siap membawa Desa Petiken Menuju Desa Mandiri Dan Bermartabat

Inilah penjelasan dari Calon Kades Mardi Utomo SE :

VISI :

Menuju Desa Swasembeda yang Tertib, Mandiri, Berbudaya dan Bermartabat

MISI :

1. Pembangunan fisik desa secara merata dan berkelanjutan.
2. Memperkokoh kerukunan antar umat beragama agar tercipta lingkungan masyarakat yang santun, aman dan tertib.
3. Memegang teguh kearifan budaya lokal dengan mempertahankan nilai-nilai tradisi yang telah ada di masyarakat.
4. Peningkatan perekonomian masyarakat dengan kegiatan sosialisasi dan pelatihan melalu organisasi Kepemudaan, PKK dan Instansi terkait.
5. Meningkatkan sinergitas antar pejabat desa.
6. Peningkatan pelayanan masyarakat dan tertib administrasi desa.
7. Penguatan modal BUMDES.
8. Peningkatan pembinaan GAPOKTAN.
9. Renovasi lapangan olahraga.
10. Pengadaan ambulance desa khusus jenazah.
11. Pengadaan gerobak sampah untuk seluruh wilayah KBD Desa Petiken.
12. Pendapatan Asli Desa (PAD) akan di distribusikan sebagian ke lingkungan Desa Petiken

VISI : Menuju Desa Swasembada Yang Tertib, Mandiri, Berbudaya Dan Bermartabat

Desa Swasembada yang bisa disebut desa maju atau desa berkembang. Dengan masyarakat yang sudah mampu memanfaatkan dan mengembangkan sumber daya yang ada untuk kegiatan pembangunan Desa, tingkat pedidikan dan perekonomian mayarakat yang lebih maju dan bisa mengembangkan ide yang dimiliki.

Ciri-ciri

– Biasanya berlokasi tidak jauh dari kecamatan
– Penduduknya mulai padat
– Memiliki fasilitas yang memadai dan lebih maju
– Masyarakat yang kreatif dan kritis
– Aktifnya masyarakat dalam kegiatan pembangunan.

1. Pembangunan Fisik Desa Secara Merata dan Berkelanjutan

Merupakan pembangunan yang sudah kita lakukan, sedang kita lakukan dan akan kita lakukan

a. adapun yang sudah kita lakukan:

– Penanggulangan Banjir
– Pembuatan saluran di RW 5, RW 6 dan RW 4. RW 5 & 6 dan lapangan sampai masjid, RW 4 Pembuatan saluran dari jalan raya sampai kali Pasinan
– RW 4 Pemanfaatan TKD untuk Kavling-an sebagai upaya penambahan PAD dan juga penanggulangan banjir
– PJU (Penerangan Jalan Umum) dari RW 1-6 sudah direalisasikan.
– Pembuatan jalan baru yang sudah kita lakukan mulai Pelengsengan, Penguatan Badan Jalan kiri/kanan sudah sepenuhnya terbangun.

b. Yang Sedang Kita Lakukan:

– Penanggulangan Banjir di wilayah Pancawarna
– Pembuatan Saluran dan Pavingisasi di RW 2 menuju Pancawarna
– Pembuatan Saluran di RW 1 menuju Pancawarna
– PJU (Penerangan Jalan Umum) sudah akan mulai realisasi di jalan poros desa

c. Yang Akan Kita Lakukan

Jelas sesuai yang tertera pada Visi & Misi, semua yang tertera merupakan Program Kerja dari pengalaman kami selama 6 tahun menjabat dan juga Aspirasi gabungan dari warga Desa Petiken dan KBD. Sehingga terbentuklah Visi & Misi tersebut.

2. Memperkokoh kerukunan antar umat beragama agar tercipta lingkungan masyarakat yang santun, aman dan tertib.

Petiken merupakan desa yang maju dan berkembang. penduduknya heterogen dengan suku, budaya, agama yang bermacam-macam. Oleh karena itu di perlukan wadah yang dapat menampung aspirasi menjadi satu baik melalui kegiatan perkumpulan rutin yang ada lingkungan ataupun organisasi yang ada di lingkungan sekitar. Agar dapat menumbuhkan tenggang rasa dan menguatkan rasa toleransi antar warga. Seperti Semboyan Kita “Bhinneka Tunggal Ika” Berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Tidak ada yang namanya Petiken untuk KBD atau sebaliknya. Tetap kita semua satu WARGA DESA PETIKEN.

3. Memegang teguh kearifan budaya lokal dengan mempertahankan nilai- nilai tradisi yang telah ada di masyarakat

Sebagai bentuk nyata dalam mempertahankan tradisi yang ada di masyarakat yaitu melalui Kegiatan Ruwat Desa setiap tahunnya di Bulan Ruwah. Dengan mengadakan pengajian dan kesenian ludruk.

4. Peningkatan perekonomian masyarakat dengan kegiatan sosialisasi dan pelatihan melalui organisasi Kepemudaan, PKK dan Instansi terkait.

Sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat akan dilakukan pembinaan dan pelatihan sesuai dengan potensi yang ada di masyarakat bekerjasama dengan organisasi-organisasi yang ada di lingkungan dan instansi terkait

Yang sudah dilakukan:

a) Melalui organisasi PKK bekerjasama dengan instansi BPP (Balai Penyuluh Pertanian) untuk pemanfaatan lahan pekarangan agar dapat digunakan secara maksimal.
b) Pelatihan Pembuatan Sabun dari Minyak Jelantah
c) Pendirian Bank Sampah selain sebagai upaya untuk mengurangi volume sampah, juga bertujuan untuk menambah penghasilan rumah tangga (Mengubah sampahmenjadi berkah)
Semua dilakukan sebagai upaya pemanfaatan sekecil apapun potensi yang ada di masyarakat untuk peningkatan perekonomian rumah tangga. Dan akan dilakukan berkelanjutan sesuai perkembangan yang ada di masyarakat.

5. Meningkatkan sinergitas antar Pejabat Desa

Mengadakan kegiatan pertemuan rutin antar pejabat desa untuk diskusi dan evaluasi program kerja. Mengadakan kegiatan Musrenbangdes secara rutin setiap tahun untuk menentukan skala prioritas yang akan di realisasikan di desa.

6. Peningkatan pelayanan masyarakat dan tertib administrasi desa.

Pingkatan Pelayanan Masyaakat dalam hal surat-menyurat, tertib admimist dalam hal pengarsipan, pembukuan dan pelaporan

7. Penguatan Modal BUMDES

BUMDES ada pad tahun 2018 dengan modal Seboar Rp 50,000 000- di pergunakan untuk pengadaan inventaris perikanan, pembibitan, Selanjutnya untuk penguatan modal akan kami kembangkan di sektor usaha lainnya Seperti Bank Desa. Tentumya di sesuaikan dengan perkembangan modal yang ada.

8. Peningkatan pembinaan GAPOKTAN

Program Kerja :

– Pemantapan pengurus GAPOKTAN
– Pembinaan petani melalui kelompok GAPOKTAN
Sesuai aspirasi yang ada, bahwasannya GAPOKTAN pertu di tata ulang supaya terbentuk komunikasi yang lancar dan bisa berjalan sebagaimana mestinya.

9. Renovasi Lapangan Olahraga

Yang sudah kita lakukan yaitu pelengsengan di barat gawang, selatan lapangan, pembuatan lapangan voli, dan greeding lapangan. Kedepannya akan kita lanjutkan dengan pelengsengan di sebelah Utara.
Jika ada peluang anggaran yang lebih besar akan kita adakan pengurukan lapangan

10. Pengadaan Ambulance Desa khusus Jenazah

Pada Tahun 2018 sudah terrealisasi MOBIL SIAGA DESA. Selanjutmya akan kita programkan untuk pengadaan Ambulance Desa Khusus Jenazah. Insyaallah akan bermanfaat untuk warga yang membutuhkan.

11. Pengadaan gerobak sampah untuk seluruh wilayah KBD Desa Petiken

Sesuai dengan aspirasi yang ada, setidaknya bisa menselaraskan gerobak sampah di seluruh RW Desa Petiken. Meskipun di setiap RW sudah ada, namun dengan kondisi butuh perbaikan Inilah terobosan kami dari Desa khususnya RW se KBD.

12. Pendapatan Asli Desa (PAD) akan di distribusikan sebagian ke lingkungan Desa Petiken

PAD akan di distribusikan kurang lebih 1-2 juta untuk mengisi kas lingkungan, sebagai bentuk kontribusi dari desa kepada lingkungan.
(cdr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button