Connect with us

Hari Oetomo Kadis PUPR Jombang : Satu Minggu Sekali TKPRD Lakukan Rapat Pokja Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah

49 views

JATIM

Hari Oetomo Kadis PUPR Jombang : Satu Minggu Sekali TKPRD Lakukan Rapat Pokja Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah

TKPRD Rapat Pokja Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah

JOMBANG, JATIM, BN-Kehadiran Tim Kordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang dilakukan dalam satu minggu sekali setiap rabu. Kegiatan tersebut adalah rapat pokja untuk melakukan dan membuat usulan rekomendasi kepada Tim TKPRD.

Rapat setiap hari rabu itu dilakukan dalam rangka untuk mempertimbangkan dan membuat usulan untuk menerbitkan Ijin Pemanfaatan Ruang (IPR), yang diharapkan mampu merumuskan kebijakan penataan ruang.

Perlu diketahui, bahwa pada rapat pokja setiap rabu pada satu minggu sekali itu adalah membuatkan usulan kepada tim TKPRD bahwa untuk mewujudkan ruang yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan daerah perlu didukung tata tertib ruang .

Pokja Tim Koordinasi juga mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri RI.Nomor 115 Tahun 2017 tentang Mekanisme Pengendalihan Pemanfaatan Ruang Daerah.

Selain itu, Sekretaris TKPRD memiliki 2 (dua) Pokja, diantaranya adalah :

(1) Pokja Perencanaan yang bertugas memberikan masukkan kepada Tim TKPRD, yaitu memberikan masukan tehnis tentang Tata Ruang,dan memberikan dan memberikan pemecahan atas permasalahan yang di bahas dalam rapat TKPRD.

(2) Pokja pemfaatan, memiliki tugas memberikan masukkan kepada tim TKPRD dalam rangkaian perumusan kebijakan tentang pemanfaatan ruang serta memberikan alternatif pemecahaan dan pengendalihan dan pengendalihan ruang.

Selajutnya untuk anggota Pokja TKPRD yang beranggotakan dari beberapa anggota dari petugas berbagai kantor dinas di Pemkab Jombang di antaranya adalah dari dinas PUPR, Satpol PP, Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim), Dinas Perhubungan, Dinas Perdagangan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perindustrian, Dinas Pertanian dan Pariwisata.

Hal itu sebagaimana yang termaktub di dalam Amanat pasal 22 Permendagri Nomor 116 Tahun 2017 tentang Koordinasi Penataan Ruang Daerah. Juga pada pelaksanaan koordinasi TKPRD Daerah dan TKPRD Provinsi Jatim juga sering dan rutin dilakukan melalui rapat koordinasi guna menghasilkan rekomendasi alternatif kebijakan penataan ruang.

Menurut Ir. Hari Oetomo Kepala Dinas PUPR ,” untuk satu minggu sekali setiap rabu, TKPRD lakukan Rapat Pokja Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah.Tujuannya adalah pada kegiatan ini agar dapat memberikan efek positif dan manfaat bagi berlangsungan pembangunan daerah dan kesejahteraan hidup masyarakat, khususnya di Kabupaten Jombang,” katanya kepada Bidik Nasional (BN).

Perlu diketahui, bahwa kehadiran Tim Kordinasi Penataan Ruang Daerah (TPPRD) satu minggu sekali tepatnya setiap hari rabu , adalah merupakan kegiatan rapat pokja untuk membuatkan usulan kepada tim TKPRD . Selain untuk mendukung kegiatan tersebut, Sekretaris TKPRD membentuk 2(dua) Pokja , diantaranya adalah (1) Pokja Perencanaan yang bertugas memberikan alternatif, agar TKPRD yang bertujuan untuk memadukan tersebut bisa mensinergikan dan memadu serasikan penyelenggaraan serta perencanaan, pemanfaatan dan pengendali ruangan daerah.

Rapat setiap hari rabu satu minggu sekali dilakukan secara rutin dan berkala bertujuan memberikan kebijakan tentang pemecahan dan pengendalihan serta soal rekomendasi pemanfaatan ruang daerah (Tok)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JATIM

Advertisement




Trending

Advertisement Free counters!
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
To Top
%d blogger menyukai ini: