RIAURokan HilirROKAN HILIR

Bupati Suyatno Hadiri Halal Bihalal Dan Pelepasan Jamaah Haji

Bupati Rohil, H Suyatno saat menepung tawar jamaah calon haji.

ROHIL, RIAU, BN – Bupati Kabupaten Rokan Hilir, H Suyatno didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir, Drs H Surya Arfan MSi, menghadiri acara Halal Bihalal dan Pelepasan Jamaah Calon Haji (JCH) Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Rabu (3/7/2019) di Gedung Pertemuan H Misran Rais, Bagansiapiapi.

Acara yang diselenggarakan oleh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tersebut, dihadiri oleh Dandim 0321/Rohil yang diwakili oleh Kasdim, Sumarno, Ketua DMI Kabupaten Rohil, H Wazirwan Yunus S Sos, Direktur RSUD Pratomo, Dr Tribuana Tungga Dewi, Kapolsek Bangko diwakili, PLT Camat Bangko, Rijalul Fikri, Pengurus Lembaga Adat Melayu Riau Kabupaten Rohil, Ketua organisasi Agama Islam MUI, LDII, dan seluruh Jamaah Calon Haji serta pengurus Kecamatan Bangko.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang disampaikan oleh Qori Kabupaten Rohil, Muhammad Asrofi S.pdi dan diteruskan dengan tepung tawar oleh Bupati diteruskan oleh Kasdim, Sumarno, Ketua DMI Rohil, H Wazirwan Yunus S Sos dan diakhiri oleh Ustadz Jefrizal.

Bupati Suyatno diawal sambutannya, menyampaikan ucapan maaf kepada jamaah calon haji yang akan menunaikan panggilan Allah.

“Mengingat ini masih suasana lebaran, saya atas nama pribadi dan Pemerintah, mengucapkan permohonan maaf, apabila ada salah dan silaf dalam berucap,” ungkap Suyatno.

Pada kesempatan tersebut, Bupati menjelaskan jumlah jamaah haji asal Rohil berjumlah 268 orang, dengan jumlah begitu besar maka keberangkatan akan dibagi dalam 2 gelombang. Gelombang pertama memberangkatkan 231 orang, dan gelombang kedua 37 orang.

Kemudian tambah Suyatno, usia jamaah haji asal Rohil pada tahun 2019 ini, bervariasi. Mulai dari usia 70-80 tahun dan juga ada yang masih muda.

“Kepada yang muda saya berpesan agar membantu orang tua kita selama ditanah suci nanti,” ujar Suyatno.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Suyatno juga tidak lupa mengajak seluruh masyarakat Rohil, untuk mendoakan para jamaah calon haji, semoga diberikan kesehatan selama menjalani ibadah haji.

“Mari kita mendoakan bersama-sama, semoga para calon jamaah haji kita yang berangkat ketanah suci nanti, diberikan kesehatan. Sehingga mendapatkan haji yang mabrur,” ucap Bupati.

Selain itu, Bupati juga berpesan kepada Jamaah calon haji agar terus mempelajari buku panduan yang diberikan secara berulang-ulang agar selama di tanah suci tidak mendapat hambatan.

“Yang paling terpenting, jaga kesehatan karena disana dibutuhkan banyak stamina. Dan Allah SWT akan selalu bersama kita, jangan ragu dalam beribadah, Insya Allah segala urusan kita akan dimudahkan,” ungkap Bupati lagi.

Acara diakhiri dengan Takziah yang disampaikan oleh Ustadz Jefrizal, dan ditutup dengan pembacaan do’a. (Rif)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button