JATIM

Basarnar Pos Sar Banyuwangi Lakukan Perawatan Peralatan Sar Darat Dan Laut

BANYUWANGI, JATIM, BN – Guna mengantisipasi bencana, Basarnas Banyuwangi melakukan perawatan terhadap alat Sar Darat maupun laut, Rabu (31/8) lalu.

“Kami bersama tim 1 regu 12 anggota SAR Banyuwangi melaksanakan kegiatan pemanasan peralatan SAR Darat maupun Laut guna mengantisipasi kebencanaan maupun musibah, ” kata Risky Putra Buana Koordinator Pos SAR Banyuwangi kepada Kepala Biro Wartawan Bidik Nasional wilayah Banyuwangi.

Menurutnya, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau dikenal dengan Basarnas adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang bertugas melaksanakan tugas Pemerintahan di bidang pencarian dan pertolongan (Search And Rescue/SAR).

Di saat menjalankan misi evakuasi dan pencarian, para anggota Basarnas dilengkapi sejumlah peralatan khusus yang menunjang tugas mereka di lapangan, seperti Rescue Ship, Rescue Boat, Hovercraft, Rigid Inflatable Boat (RIB), Rubber Boat, dan Rafting Boat, merupakan salah satu penunjang saat bertugas di Perairan.

“Hal ini menjadi tanggung jawab yang besar bagi tiap-tiap personel Basarnas agar menjalankan setiap tugasnya dengan lebih baik,” terangnya.

Ia menambahkan tak mudah untuk menjadi bagian sebagai personel Basarnas. Selain dituntut untuk senantiasa siaga selama 24 jam, terkadang mereka juga harus menghadapi pilihan yang sulit saat bertugas.

“Personil Basarnas hanya diisi oleh orang-orang terpilih yang rela berkorban dan memiliki kemampuan Penyelamatan serta rasa kemanusiaan yang tinggi,” pungkasnya. (Tim BN Banyuwangi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button