JATIM

Mobile JKN Permudah Aktifasi Auto Debit  

Kabid SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Utama Surabaya Dhani Rahmadian

SURABAYA, JATIM, BN – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS) Kesehatan telah meluncurkan fltur registrasi autodebit pada Mobile JKN (Bank can Non Bank) dan USSD pada tanggal 29 April 2019. Fitur tersebut telah dapat digunakan sepenuhnya oleh Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang Ingin melakukan pendaftaran autodebit.

Kabid SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Utama Surabaya Dhani Rahmadian menjabarkan,BPJS Kesehatan memberlakukan kewajiban bagi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri dan peserta Bukan Pekerja untuk melakukan pembayaran dengan metode autodebit.Peserta JKN-KIS wajib memiliki aplikasi mobile JKN ,salah satunya untuk melakukan aktifasi auto debit.

“Sementara ini, masih banyak peserta yang mendatangi kantor BPJS Kesehatan dengan cara manual melakukan aktifasi atau melakukan proses pendaftaran auto debit dengan cara melakukan pengisian formulir yang di sediakan oleh empat bank mitra BPJS yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI dan BCA, barulah peserta melakukan proses pendaftaran auto debit, ” ucap Dhani saat ditemui wartawan di kantornya (09/08/2019).

“Nah, untuk Mobile JKN ini sangat memudahkan peserta.Masyarakat tidak perlu mengisi formulir seperti cara pendaftaran manual.Didalam fitur Mobile JKN ini,selain akses kemudahan di dapat,khusus auto debit peserta cukup melakukan koneksi melalui bank Mandiri untuk melakukan aktifasi ” ungkapnya.

Atas hal tersebut sambung Dhani, BPJS Kesehatan Surabaya menghimbau agar Peserta yang ingin melakukan pendaftaran Peserta baru maupun hanya pendaftaran Autodeblt untuk menggunakan fltur Mobile JKN.

Fitur registrasi autodebit yang tersedia saat ini pada Mobile JKN telah mengakomodir bagi Peserta yang memiliki rekening bank (khusus nasabah Mandin‘).maupun tidak memiliki rekening bank (uang elektronik milik Finnet yaitu Mobile Cash) dengan validasi menggunakan OTP (One Time Password) yang dikirimkan melalui SMS. Bahkan bagi peserta yang tidak memillki rekening bank dan smartphone dapat melakukan pendaftaran autodebit secara realtime online dengan Mobile Cash melalui USSD dengan menekan ‘141’999# bagi pelanggan telkomsel.

Menjawab pertanyaan wartawan tentang bagaimana untuk peserta JKN – KIS yang berada di daerah namun belum terjangkau dengan layanan bank maupun non bankable, Dhani menjelaskan peserta tetap dapat melakukan autodebit non bank.

PT. Finnet Indonesia hadir sebagai penyelenggara layanan autodebit via Mobile Cash telah menyediakan Kanal Top Up (isi ulang) akun Mobile Cash (MC).

“Top Up dapat dilakukan melalui kantor pos atau di alfamart terdekat ” pungkasnya.(boody)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button