JATIM

Guru dan Siswa SMPN 2 Purwoharjo Banyuwangi Sembelih Hewan Kurban

BANYUWANGI, JATIM, BN – Perayaan Hari Raya Idul Adha di SMPN 2 Purwoharjo tahun ini diisi dengan kegiatan memotong hewan kurban berupa, 1 ekor sapi Bali dan 3 ekor kambing. Pemotongan hewan kurban tersebut berlangsung di halaman parkir sekolah setempat, Minggu (11/8) pagi.

Kepala SMPN 2 Purwoharjo, Iryanto, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan pemotongan hewan kurban ini menunjukkan bahwa guru di SMPN 2 Purwoharjo bisa guyub, rukun dengan membentuk arisan yang beranggotakan 18 tenaga pendidik. Dari kegiatan arisan ini bisa untuk membeli 1 ekor sapi seharga Rp18 juta.

“Arisan hewan kurban ini sudah berjalan 2 tahun ini. Sedangkan 3 ekor kambing itu adalah titipan dari guru-guru yang tidak tergabung dalam wadah arisan. Dan kita sebagai “guru” digugu lan ditiru oleh anak didiknya, seperti dalam bahasa Jawa keroto basa,” katanya.

Sementara itu, melalui kegiatan kurban ini mengajarkan umat untuk memiliki ketaatan yang sempurna kepada Allah. Selain itu juga mengajarkan kita untuk empati pada orang yang kurang mampu agar terpanggil berbagi rezeqi pada mereka seperti janda miskin dan anak yatim piatu,” pungkasnya. (jojo)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button