JATENG

Bupati Blora Lantik 125 Kepala Desa Baru

BLORA, JATENG, BN-Kamis (19/9/2019), Bupati Djoko Nugroho melantik dan mengambil sumpah/janji 125 Kepala Desa (Kades) pemenang Pilkades Serentak 2019 yang dilaksanakan 4 Agustus lalu.

Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati, pelantikan dihadiri Wakil Bupati H. Arief Rohman, M.Si, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Dra. Hj. Umi Kulsum; jajaran Forkopimda, Sekda, Kepala OPD, Camat dan para keluarga Kades.

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji dipimpin Bupati Djoko Nugroho, yang dilanjutkan dengan penandatanganan Surat Keputusan (SK) Pelantikan dan penyematan lencana jabatan kepada perwakilan Kades yang ditunjuk.

Usai melantik, Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh Kades baru yang dilantik hari ini.

“Sebanyak 105 Kades incumbent yang menang Pilkades Serentak sudah saya lantik saat 17 Agustus lalu. Sekarang giliran Kades baru sebanyak 125 orang kita lantik. Tugas berat sudah menanti, oleh sebab itu segera laksanakan serah terima jabatan dengan pejabat lama secara baik-baik,” ucap Bupati.

Menurut Bupati, ini saatnya bersatu membangun desa masing-masing. Sehingga Kades baru diminta untuk menjalin komunikasi yang baik dengan Kades lama agar proses estafet kepemimpinan berjalan lancar.

“Pelaksanaan APBDes itu satu tahun, ini masih ada waktu  3 bulan untuk menyelesaikan tahun anggaran 2019. Oleh sebab itu, lanjutkan program dari Kades lama dengan baik dan secepatnya susun visi misi pembangunan desa, untuk tahun berikutnya. Gunakan Dana Desa sebagaimana mestinya,” tegas Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga meminta para Kades baru untuk bersama-sama melaksanakan program-program pengentasan kemiskinan, pencegahan dan penanggulangan stunting, serta pencegahan pernikahan dini.

“Setelah pelantikan ini, OPD terkait juga akan memberikan pembekalan kepada seluruh Kades. Begitu pula dari Kepolisian serta Kejaksaan, tentang tata cara pengelolaan keuangan agar sesuai dengan aturan perundang-undangan sehingga tidak melanggar hukum,” terang Bupati.

Dengan ditemani dagelan Jolang, Bupati Djoko Nugroho menyampaikan sambutannya dengan suasana santai layaknya sedang bersosialisasi di sesi limbukan pada pementasan wayang kulit. Para Kades baru pun dengan mudah menerima arahan Bupati Djoko Nugroho.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Hariyanto, SIP, M.Si menyampaikan bahwa Pilkades Serentak yang dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus lalu diikuti oleh 242 desa. Namun pelantikan Kades hasil Pilkades Serentak dilaksanakan sebanyak 3 tahap.

“Tahap pertama untuk Kades incumbent sebanyak 105 telah dilaksanakan 17 Agustus lalu. Tahap kedua hari ini untuk Kades baru sebanyak 125. Sedangkan sisanya masih ada 12 Kades akan dilantik pada bulan Desember, menunggu habisnya masa jabatan Kades lama,” jelas Hariyanto, SIP, M.Si.

Acara diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dan penyerahan SK oleh Bupati didampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Wakil Bupati, jajaran Forkopimda dan seluruh tamu undangan, serta foto bersama.(P.Jo/ali)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button