SULSEL

Tamsil Linrung Masuk Bursa Ketua DPD RI, Ini yang Dilakukan Jika Terpilih

JAKARTA, BN — Nama Tamsil Linrung menguat dalam bursa Ketua DPD RI. Lelaki asal Sulawesi Selatan itu bahkan diprediksi bakal mendapat dukungan kuat dari anggota DPD RI.

Seiring masuknya Tamsil dalam bursa Ketua DPD RI, mantan anggota DPR RI itu memilih merendah. Dia hanya mengungkapkan, DPD RI harus mampu menunjukkan kinerja yang lebih matang.

Dibutuhkan narasi kelembagaan untuk memperkuat DPD agar dapat menjalankan fungsinya secara optimal. Penguatan DPD dapat berjalan dengan positioning seperti saat ini.

“Penguatan kelembagaan tidak berarti harus menambah kewenangan. Tetapi bagaimana mengoptimalkan kewenangan yang dimiliki. Penguatan DPD bukan dikesankan bersaing dengan DPR. Bukan mengambil kewenangan apalagi melemahkan yang lain,” ujar Tamsil dalam diskusi bertajuk ‘Penguatan DPD RI ; Siapa Layak di Kursi Pimpinan?’ di Cikini, Jakarta, Sabtu (14/9/2018).

Kata Tamsil yang juga anggota DPD terpilih, mengungkapkan kerisauan bahwa ada kecenderungan DPD diabaikan ketika di daerah karena keberadaannya belum dirasakan oleh kepala daerah.

“Padahal bila DPD mengoptimalkan fungsi sebagai wadah artikulasi aspirasi daerah, maka DPD akan mendapatkan posisi yang baik di mata daerah,” katanya.

DPD, menurut Tamsil, bahkan harus ikut bersuara dengan revisi UU KPK. Sebab disana ada kepentingan daerah. KPK yang kuat berperan dalam penyelamatan aset daerah. Tamsil menilai, banyak isu daerah yang dapat diperjuangkan oleh DPD. Sebab, wajah DPD adalah wajah daerah.

“Karena esensi penguatan merupakan perjuangan yang menitikberatkan agenda daerah yang tentu saja berkonsekuensi pada kepentingan nasional,” ucap lelaki yang pernah bertarung pada Pilwalkot 2013 itu.

Terkait namanya yang mencuat di bursa kandidat pimpinan DPD, Tamsil optimis, ide DPD Berdaya yang ditawarkan mendapat sambutan luas dari koleganya. “Iya, dukungan mengalir. Kita terus mengomunikasikan ide dan narasi agar DPD dapat berkiprah lebih baik sesuai espektasi masyarakat,” ujar Tamsil. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button