JATIM

Angicipi Green Action, Wujudkan Filosofi Humanis Markas Militer di Dalam Taman

NGAWI, JATIM, BN- Berbagai inovasi unik mulai diluncurkan oleh Satuan Armed 12/Divif-2/Kostrad, salah satunya ialah menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan juga asri.

Demikian dikatakan Danyonarmed 12/Divif-2/Kostrad, Letkol Arm Ronald, F. Siwabessy ketika ditemui di ruangannya pada hari Rabu, 9 Oktober 2019 siang.

Bukan hanya sekedar membina kemampuan dan profesionalisme prajurit saja. Namun, inovasi dan kreatifitas demi terciptanya lingkungan yang sehat, bersih dan juga asri, merupakan salah satu komitmen yang ia gagas saat ini.

“Angicipi Green Action, adalah salah satu gerakan untuk mencintai dan menjaga, sekaligus melestarikan lingkungan,” ujar almamater Akademi Militer tahun 2002 ini.

Pangkalan Armed 12 yang cukup luas, menurutnya, seakan menjadi sia-sia jika tak digunakan dan diperuntukkan dengan baik.

“Maka dari itu, melalui program itu kita mengajak prajurit untuk menghijaukan Satuannya. Beberapa area pangkalan yang selama ini hanya dibersihkan saja, sekarang kita hijaukan dengan menanam beberapa jenis tanaman, bunga dan bibit pohon,” tandasnya.

Angicipi Green Action, imbuh Letkol Ronald, merupakan wujud interaksi dan persahabatan yang harmonis antara manusia dengan lingkunga. “Melalui program itu, kita wujudkan Yonarmed 12/Divif-2/Kostrad sebagai markas Tentara dalam taman. Itu suatu filosofi humanis dari profesi yang menonjolkan maskulinitas sempuran,” bebernya.

Terpisah, Danmenarmed 1/PY/2-Kostrad, Kolonel Arm Didik Harmono menambahkan jika menjaga keindahan dan keasrian lingkungan pangkalan, merupakan salah satu bagian dari pembinaan Satuan, terlebih pembinaan pangkalan.

Sebab, Kolonel Didik menilai, Satuan yang berhasil, ialah Satuan yang pasti melaksanakan pembinaan Satuan dengan baik dan benar.

“Angicipi Green Action merupakan upaya Satuan yang sangat positif. Kami berharap, program ini tidak hanya dilaksanakan di dalam asrama saja. Tapi, ke depan, program itu dapat disosialisasikan ke masyarakat,” pintanya.

“Jadikan Yonarmed 12/Divif-2/Kostrad, sebagai contoh, dan ajak masyarakat sekitar Satuan untuk menjadikan gaya hidup hijau sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari,” imbuh Danmenarmed 1/PY/2-Kostrad. (red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button