JATENG

Penyerahan AWC (Armoured Water Cannon) Polres Boyolali

BOYOLALI, BN – Upacara Peresmian Penggunaan kendaraan AWC (Armoured Water Cannon) untuk Sat Sabhara Polres Boyolali dipimpin langsung oleh Kapolres Boyolali AKBP Kusumo Wahyu Bintoro. Upacara penyerahan secara simbolis kepada Kasat Sabhara AKP Damin pada Jum’at (4/10/2019) dihalaman MaPolres Boyolali dengan ditandai pemecahan kendi oleh Kapolres Boyolali AKBP Kusumo Wahyu Bintoro, dilanjutkan potong tumpeng oleh Kapolres yang diberikan kepada anggota termuda (AleX) dijajaran Sat Polres Boyolali.

Dalam sambutannya Kapolres menjelaskan tentang penggunaan kendaraan AWC. “Kendaraan ini diberikan dari Mabes Polri melalui Polda Jateng kemudian di berikan ke Polres, kendaraan ini memiliki banyak fungsi, mengingat di Boyolali ini banyak memiliki tempat tempat fital ada Bandara, ada depo Pertamina, dan di 2020 di Boyolali akan ada Pilkada, AWC ini juga bisa untuk kegiatan kemanusiaan,droping air bersih, pemadaman bila terjadi kebakaran, juga bisa untuk sarana kegiatan yang sifatnya edukasi bagi anak anak sekolah yang ingin melihat dalam rangka kegiatan belajar.
namun fungsi utamanya adalah untuk mengantisipasi tindakan anarkis yang datangnya dari para pendemo saat terjadi unjuk rasa,” Paparnya.

Menyinggung tentang Pilkada Boyolali pada September 2020, apakah Boyolali di kategorikan rawan, “yang jelas kita tidak boleh mengatakan rawan atau tidak rawan, yang pasti kami dari Kepolisian tetap antisipasi berupaya menjaga Boyolali tetap kondusif aman dan damai,” Tegasnya

Mobil AWC ini dilapisi besi pengaman guna mencegah adanya lemparan benda keras yang di arahkan ke AWC. Kendaraan ini juga dilengkapi juga dengan kamera untuk memantau dan merekam aktivitas diluar kendaraan AWC.

Kapolres Boyolali AKBP Kusumo Wahyu Bintoro menambahkan, kendaraan taktis (rantis) AWC ini cara operasionalnya tidak mudah untuk menggerakkan cannon atau menyemprotkan yang berada di atas truk secara otomatis. Didalam ruangan AWC ini ada beberapa petugas untuk mengoperasionalkan tombol, sakelar serta remote control yang berada pada papan kontrol di bagian tengah. Satu personel berada di kiri, satu di kanan keduanya sebagai pengendali penyemprot maupun kamera dan satu personel duduk di jok depan disamping driver dan satu sebagai driver. (M.Sarman)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button