JATIM

BPJS Kesehatan Gresik Sosialisasikan Program JKN-KIS di Pulau Bawean

Tanya Rahayu Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gresik saat bersosialisasi Program JKN-KIS di Pulau Bawean

GRESIK, JATIM, BN-Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kini telah memasuki usia ke-6, namun hal tersebut tidak membuat BPJS Kesehatan berhenti untuk melakukan sosialisasi. Kali ini BPJS Kesehatan Cabang Gresik menyambangi Kecamatan Sangkapura yang ada di Pulau Bawean. Demi sampainya informasi terkini terkait Program JKN-KIS secara menyeluruh ke setiap elemen masyarakat, tim BPJS Kesehatan Cabang Gresik rela menempuh waktu 3 jam perjalanan laut dari Kota Gresik menuju Pulau Bawean.

“Kita ingin seluruh masyarakat di Kabupaten Gresik bisa mendapatkan informasi yang jelas terkait Program JKN-KIS langsung dari sumbernya termasuk disini (Pulau Bawean)”, kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gresik, Tanya Rahayu, Selasa (15/10).

Oleh karena itu, Tanya Rahayu berharap hadirnya tim dari BPJS Kesehatan Cabang Gresik dapat memberikan solusi permasalahan yang dialami oleh peserta JKN-KIS yang ada di Pulau Bawean. Salah satunya adalah terkait pendaftaran dan pembayaran JKN-KIS, mengingat jarak yang sangat jauh dari Kota Gresik dan masih sedikitnya kanal pembayaran JKN-KIS yang ada di pulau yang dijuluki Pulau Putri ini.

“Kedepannya kami ingin mendorong agar masyarakat di Pulau Bawean dapat melakukan pendaftaran dan pembayaran melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar lebih memudahkan masyarakat”, tambah Tanya.

Didepan puluhan masyarakat dan pejabat Muspika Kecamatan Sangkapura, Tanya juga meminta peran aktif masyarakat untuk dapat melaporkan kendala yang dihadapi masyarakat di lapangan terkait program JKN-KIS.

“Kita ingin semuanya dapat merasakan manfaat Program JKN-KIS dengan baik, untuk itu peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk mensukseskan program bersama ini”, tutur Tanya.

Kehadiran Tim BPJS Kesehatan Cabang Gresik di Pulau Bawean mendapat apresiasi dari masyarakat Pulau Putri tersebut. Salah satunya adalah Bagus Bramudio yang merupakan Tenaga Harian Lepas (THL) Kecamatan Sangkapura.

Menurut Bagus kehadiran Tim BPJS Kesehatan Cabang Gresik sangat bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat di Pulau Bawean. Berkat hadirnya Tim BPJS Kesehatan Cabang Gresik, dirinya kini telah mendapat informasi yang lengkap terkait program JKN-KIS.

“Kita ini kan tinggal di kepulauan sehingga jauh dari jangkauan. Oleh karena itu kegiatan seperti ini sangat perlu diadakan, karena orang-orang disini masih banyak yang belum mengerti apa JKN-KIS itu “, kata Bagus.

Bagus mengaku bahwa Dia telah merasakan sendiri manfaat dari Program JKN-KIS. Menurutnya program JKN-KIS sangat membantu masyarakat.

“Dulu anak saya setelah dilahirkan membutuhkan perawatan lanjutan, dengan menggunakan JKN-KIS biaya perawatan anak saya ditanggung gratis”, tutup Bagus. (boody/rp/ar)

Related Articles

Back to top button