Connect with us

Pemda Belu Berikan Bantuan Kepada Enam Kelompok Nelayan Perbatasan RI-RDTL

8 views

NTT

Pemda Belu Berikan Bantuan Kepada Enam Kelompok Nelayan Perbatasan RI-RDTL

ATAMBUA, NTT, BN-Pemerintah Kabupaten Belu melalui Wakil Bupati Belu, Drs. J. T. Ose Luan menyerahkan bantuan sarana dan prasarana penangkapan kepada enam Kelompok Nelayan perbatasan RI-RDTL di TPI Atapupu, Desa Jenilu, Kecamatan Kakuluk Mesak- Kabupaten Belu NTT, Rabu pekan lalu.

Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Perikanan Kabupaten Belu menyerahkan perlengkapan lambung perahu berupa peralatan labuh dan tambat kepada 6 kelompok nelayan di desa-desa pesisir yang merupakan wilayah perbatasan RI-RDTL. Penyerahan bantuan sarana perlengkapan ini diserahkan secara langsung oleh Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Belu mengatakan hari ini diserahkan mesin motor dan perahu untuk 6 kelompok nelayan dengan tujuan untuk membantu masyarakat nelayan sebagai salah satu upaya pemerintah dalam membantu meringankan beban hidup masyarakat serta meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan.

“Saya berharap 6 kelompok yang terpilih ini sudah melalui berbagai proses dari awal mereka mengajukan proposal kepada pemerintah sampai pada pembahasan secara berjenjang dari Rencana Kerja Dinas sampai penetapan APBD dan hasilnya baru kita terima hari ini,” harap wakil bupati.

Wakil Bupati juga menambahkan bahwa alat –alat yang diserahkan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kehidupan dimasa yang akan datang, sehingga perlu dijaga dan dipelihara dengan baik supaya peralatan tetap awet untuk dipergunakan.

“Bila ada hal- hal yang terjadi yang mengakibatkan terganggunya peralatan dengan kategori ringan maka sebaiknya perlu adanya swadaya sendiri dari anggota kelompok yang ada. Kita harapkan setiap bantuan yang diberikan pemerintah yang uangnya dari rakyat sendiri, agar dijaga dan dimanfaatkan untuk kepentingan keluarga pada kelompok tersebut,” tambah wakil bupati.

Kelompok nelayan penerima bantuan antara lain Kelompok Mota Hasan, Kelompok Trenggiri dan Kelompok Putra Busamatan dari Desa Dualaus, Kelompok TasiOan Desa Jenilu – Kecamatan Kakuluk Mesak, Kelompok RusaFuik dan Kelompok Kanokar Kiik Desa Silawan – Kecamatan Tasifeto Timur. Jenis sarana Perlengkapan yang diserahkan kepada 6 kelompok nelayan masing – masing 1 unit motor tempel 15 PK, 1 Unit Perahu Fiber, 7 Piece Gill Net (1. ¼ sebanyak 3 piece dan 1.1/2 sebanyak 4 piece) peralatan tangkap seperti jaring, pelampung karet sandal, tali nilon PE 3 mm, tali pemberat dan pelampung 4 mm, timah pemberat dan jangkar. (anis ikun).

More in NTT

To Top
%d blogger menyukai ini: