Connect with us

Deklarasi Jabar Someah Upaya Membangkitkan Nilai Budaya Sunda

51 views

JABAR

Deklarasi Jabar Someah Upaya Membangkitkan Nilai Budaya Sunda

KAB.BOGOR, JABAR BN – Dengan mengangkat nilai budaya bertema ‘Someah’, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat menggelar Riksa Budaya Jawa Barat 2019 di Kampung Budaya Sindang Barang, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor, Kamis (14/11/2019).

Riksa Budaya Jawa Barat “Someah” digelar sekaligus dirangkai dengan deklarasi ‘Jabar Someah’ yang ditandai dengan membunyikan angklung oleh Kepala Disparbud yang diwakili Kepala Bidang Kebudayaan, Dra. Fabiyani didampingi Bupati Bogor yang diwakili Kadisbudpar Mulyadi serta jajaran Forkopimda Kab. Bogor.

Dengan deklarasi Jabar Someah diharapkan pula warga jabar dimulai dari Kabupaten Bogor sepakat akan membangkitkan kembali nilai budaya someah sebagai sebuah sikap budaya yang melekat menjadi identitas masyarakat Jawa Barat.

Diungkapkan Mulyadi, kampung budaya Sindang barang tampak maju pesat, hal ini diakuinya sejak kunjungannya pada 2007 yang lalu. Karakteristik masyarakat Sindangbarang yang sopan dan santun diharapkan menjadi ciri khas prilaku masyarakat Kab. Bogor.

“Kami merasa bangga dan bahagia sebab Kab. Bogor sebagai tuan rumah Budaya Riksa Jabar Someah. Someah terjemahan sopan ka semah, maka itu kita tentunya bisa mempertahankan someah sebagai warisan budaya terbaik yang lahir dari tanah sunda yang hasus di kembangkan dan dibiasakan,” paparnya.

Sedang dijelaskan Febiyani, nilai-nilai someah yang menjadi ciri khas dan karakter prilaku sebagai warisan leluhur khawatir menjadi pudar.

“Someah merupakan kekuatan budaya sekaligus indikator dalam kemajuan bidang pariwisata, sebab dengan membudayakan sikap someah maka wisatawan akan lebih kerasan dan betah dalam kunjungannya ke Jabar terlebih ke Kab. Bogor,” tuturnya.

Menurutnya, generasi muda sebagai generasi milineal yang dalam kesehariannya tidak lepas dengan gadget justru dikhawatirkan menjadi kurang memahami prilaku dan ciri khas karakteristik masyarakat Jabar.

“Melihat kondisi seperti itu, adalah menjadi tugas kita bersama bagaimana memasyarakatkan dan menguatkan jatidiri dan karakteristik sikap someah dalam kehidupan sebagai nilai-nilai warisan budaya yang beradab,” terangnya.

Indikator wisatawan, lanjutnya, lebih kerasan berkunjung dan berwisata adalah dengan menciptakan rasa nyaman dengan sikap someah terlebih Kabupaten Bogor memiliki destinasi geopark.

Pada kesempatan itu, dibagikan pula hadiah bagi pemenang foto dan film pendek dengan tema someah yang digelar beberapa waktu sebelumnya. Selain pula digelar diantaranya, talk shows someah yang dikemas dalam wayang golek interaktif, penampilan kemasan seni tradisi seperti longser milenial, tanjidor, topeng blantek, gondang, reog, jaipong, rampak kendang dan kesenian lainnya serta kaulinan urang lembur, dan berbagai games interaktif.

“Event ini digelar dengan tujuan untuk menguatkan kembali nilai-nilai budaya yang menjadi karakteristik pribadi masyarakat Jawa Barat,” ujar Febiyani.

Sebelumnya, Kadisparbud Jabar, Dedi Taufik menegaskan event Riksa Budaya Jabar Someah diharapkan mampu menjadi media yang menyentuh setiap pribadi masyarakat Jawa Barat untuk mampu menyadari dan menguatkan kembali nilai budaya yang direpresentasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Someah merupakan sebuah sikap budaya yang akan menjadi kekuatan nilai budaya Jawa Barat,” terangnya sehari sebelumnya.

Tagline pariwisata Jawa Barat yaitu ‘Smiling West Java’ merupakan representasi dari nilai budaya someah yang merupakan salah satu kekuatan bagi pariwisata Jawa Barat.

“Pariwisata merupakan sektor yang mengutamakan pelayanan yang tentunya berakar pada keramahan atau hospitality. nilai budaya dan perilaku budaya someah menjadi kekuatan konsep pelayanan kepariwisataan jawa barat,” imbuhnya. (Ihsan)

Continue Reading
You may also like...

More in JABAR

To Top
%d blogger menyukai ini: