JATIM

Isi Hari Pahlawan, Dinas LH dan LPLH Gelar Bersih-Bersih Pantai Pesisir Besuki

SITUBONDO, JATIM, BN-Banyak cara yang dilakukan oleh generasi muda dalam memperingati Hari Pahlawan 10 November, salah satunya dengan cara menjaga dan merawat alam nusantara hasil perjuangan para pahlawan kusuma bangsa. Generasi muda melakukan bersih-bersih pantai yang dilaksanakan bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Situbondo dan Lembaga Peduli Lingkungan Hidup (LPLH). Kegiatan berlangsung di Muara Sungai Pelelangan Ikan Pesisir Besuki, Minggu (10/11/2019) pagi.

Berlangsungnya acara giat bersih-bersih sampah yang dilaksanakan oleh DLH Pemkab Situbondo dan LPLH Situbondo disambut dengan antusias oleh Kepala Desa Pesisir Besuki terpilih bersama masyarakat setempat dan Ketua Tempat Pelelangan Ikan.

Pada jam 09.30 WIB, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Situbondo Kholil langsung meninjau lokasi acara bersih-bersih Pesisir Besuki selepas mengikuti Upacara Hari Pahlawan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Situbondo mengatakan, DLH memberikan motivasi, edukasi serta sarana prasarana untuk kebersihan lingkungan. Menurutnya, pihak DLH P Situbondo akan menyediadakn tempat pembuangan sampah dilokasi dan di Desa Buduan Kecamatan Suboh.

Ia menambahkan, pada bulan Maret 2020, DLH telah menganggarkan untuk menambah satu unit dumptruck operasional Wilayah Besuki.

Sementara itu, Kades Pesisir Besuki terpilih Ahmadi mengatakan, ia sangat berterima kasih ke pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Sukarelawan Lembaga Peduli Lingkungan Hidup serta warga masyarakat yang telah sadar membersihkan sampah di muara sungai pesisir ini. Menurutnya, pemerintah desa akan menganggarkan beberapa gerobak pengangkut sampah yang akan diletakkan di tiap-tiap RW se-Desa Pesisir.

Terpisah, Ketua Lembaga Peduli Lingkungan Hidup Ilham Fahruzi mengatakan, kotoran sampah disini sudah sangat akut. Menurutnya, kalau dengan cara tradisional maka bisa sampai sebulan muara sungai ini benar-benar bersih dan kembali pada fungsinya dengan baik. Ia mengajak warga masyarakat Pesisir Besuki untuk meluangkan waktu saat tidak melaut untuk menyempatkan diri membersihkan lingkungan.

Menurutnya, LPLH hanya bisa membantu dengan tenaga untuk kebaikan bersama untuk menciptakan Situbondo lebih baik lagi.

Daud Djoni WD

Sementara itu, Ketua LSM KOBRA DPC Banyuwangi Daud Djoni WD mengatakan, ia mengapresiasi kerjasama antara LPLH dan Desa Pesisir Besuki bersama DLH Pemkab Situbondo yang begitu antusias melaksanakan bersih-bersih sampah bersama masyarakat sekitarnya. Menurutnya, jelang musim hujan di bulan November semua pihak harus menjaga kebersihan dilingkungan masing-masing. (jojo BN)

Related Articles

Back to top button