JATIM

Puskesmas Taman Jalin Kerjasama Untuk Sukseskan PRB

Plt Kepala Puskesmas Taman Sidoarjo Erwin Berthaningrum (berhijab)

SIDOARJO, JATIM, BN-Program Rujuk Balik yang disingkat PRB adalah suatu Pelayanan kesehatan yang diberikan kepada penderita penyakit kronis dengan kondisi stabil dan masih memerlukan pengobatan jangka panjang yang dilakukan di Faskes Tingkat Pertama atas rekomendasi atau rujukan balik dari dokter spesialis / sub spesialis yang merawat.

Peserta yang dapat didaftarkan PRB adalah peserta yang terdiagnosa Diabetes Melitus, Hipertensi, jantung, Stroke, Asthma, Penyakit Paru Obstruksi Kronis, Lupus, Epilepsy, dan gangguan kesehatan jiwa kronik. Peserta yang telah dirujuk balik kembali ke faskes tingkat pertama untuk berkonsultasi dengan dokter dan selanjutnya dapat mengambil obat yang diresepkan di Apotek PRB.

Dengan adanya program rujuk balik diharapkan peserta lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang komprehensif dan terjaga kondisi kesehatannya agar tetap stabil.

Indikator keberhasilan Program Rujuk Balik di faskes Tingkat Pertama adalah Peserta rutin berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama setiap bulan untuk berkonsultasi dan patuh mengkonsumsi obat PRB setiap bulan.

Berdasarkan penilaian tersebut Puskesmas Taman mencapai nilai 88% peserta PRB terdaftar aktif berkunjung ke Puskesmas Taman.

Plt Kepala Puskesmas Taman Sidoarjo Erwin Berthaningrum menjelaskan bahwa PRB di Puskesmas Taman berjalan dengan baik berkat dukungan berbagai pihak. Pemberian obat bagi Peserta PRB dapat dilakukan di Puskesmas Taman karena Kimia Farma selaku Apotek PRB bersedia mengantarkan Obat PRB ke Puskesmas Taman, sehingga Peserta PRB lebih mudah mengambil Obat PRB.
Keuntungan bagi pasien PRB adalah dapat menyesuaikan kedatangannya dengan jadwal pengambilan obat.

“Jika dalam pelaksanaannya ditemukan kendala, jejaring komunikasi di Puskesmas kami akan berkoordinasi dengan PIC rumah sakit dan PIC Apotek sehingga permasalahan terkait PRB dapat diselesaikan dengan baik,” jelas Erwin.

Untuk pasien PRB yang akan mengambil obat, dokter akan memberikan arahan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium. Sehingga pada saat pasien telah merencanakan untuk mengambil obat, pasien juga akan mendapat pengantar untuk pemeriksaan gula darah, kolesterol atau asam urat.

“Jadi pasien akan merasa senang dan nyaman untuk mengambil Obat PRB di Puskesmas Taman. Dan dengan terlaksananya Program ini semua pasien dapat terlayani dengan baik tanpa memerlukan biaya dan waktu yang lebih banyak,” tutup Erwin. (boody/*)

Related Articles

Back to top button