SUMUT

Polsek NA IX-X Kerahkan Personil Untuk Evakuasi Korban Banjir Bandang di Kecamatan NA IX – X

LABURA, SUMUT, BN-Pemerintah Kabubaten Labuhanbatu Utara (Labura ) dan Polres Labuhanbatu bersama Polsek Na IX – X melakukan peninjauan langsung dan memberikan bantuan serta evakuasi terhadap korban bencana alam/ banjir bandang yang terjadi di Desa Pematang Kecamatan NA IX-X, Minggu (29/12/2019).

Musibah terjadinya Banjir Bandang tersebut Pada hari Sabtu tanggal 28 Desember 2019, sekira pukul 19.00 wib terjadi hujan deras hingga pukul 23.30 wib, kemudian akibat hujan tersebut terjadi banjir dan tanah longsor di Desa Pematang tepatnya di Dusun Siria-ria A dan B.

Hujan deras tersebut mengakibatkan musibah jalan umum/ jalan kecamatan yang menuju Desa Pematang putus total sepanjang lebih kurang 100 meter, jembatan menuju Dusun Siria-ria yakni Jembatan Sungai Aek Mardua dan Sungai Aek Sosopan hanyut terseret air dan 5 (lima) rumah hilang karena dekat dengan aliran sungai.

Rumah yang terseret arus banjir bandang adalah milik Ginda Siregar (58 ), Renita Tambunan (35), Mhd Said Sitegar (41), Tapil Pohan (35), Bahari Rambe (42) dan rumah se bahagian rusak akibat di terjang Banjir Bandang.

Sementara rumah milik Aspan Pasaribu, (54), Zainal Abidin, (41) Syarif Pane, (48), Linggom Ritonga,( 62) seluruhnya warga Dusun Siria-ria Adan B Lebih kurang 17 (tujuh blas) mengalami kerusakan pada dapurnya.

Selain itu banjir bandang juga mengakibatkan 15 (lima blas) hektar persawahan penduduk sepanjang aliran sungai Aek Mardua mengalami kerusakan.

Tidak hanya itu, akses jalan didekat perkampungan Dusun Siria-ria hancur total yang panjangnya lebih kurang 150 meter.

Korban Jiwa sampai saat ini belum ada, masih dilakukan pendataan dan juga belum ada masyarakat yang melaporkan tentang kehillangan Keluarganya.

Kapolsek Na IX – X AKP M Harahap mengatakan personil yang ikut dalam Evakuasi memberi Bantuan.

“Kami Personil Petugas pengecekan bencana alam yang turun langsung paskah Banjir Bandang dari TNI – Polri dan pemerintah Kabupaten Labura, Camat Kecamatan NA IX- X Jhon Ferry S.STP., Danramil 07 Aek Kota Batu Kapten Inf B. Siagian, Kaban BPBD Labuhanbatu Utara
Irwan SE Harahap ., Kepala Desa Pematang P. Munthe, Personil Polsek NA IX-X,Personil Koramil 07 Aek Kota Batu, Linmas Desa Pematang., Personil BPND Labuhanbatu Utara dan dibantu oleh pers serta personil Polres Labuhanbatu dan Polsek Rayonisasi Labura yang sedang menuju ke lokasi musibah, ” ucapnya pada awak media.

Menurutnya, tindakan yang telah dilakukan TNI – Polri dan Pemerintah Kabupaten Labura memberi petunjuk dan arahan kepada kepala desa dan masyarakat Desa Pematang dan Dusun Siria-ria agar lebih waspada bila mana ada bencana alam susulan.

Ia meminta korban bajir bandang agar mengungsi ke tempat lain yang lebih aman. Ia meminta masyarakat untuk membantu korban banjir bandang untuk mengungsi sementara ke rumah tetangga yang lebih aman.

Ia meminta agar korban banjir melakukan koordinasi dengan instansi terkait guna pendataan dan untuk mendapatkan bantuan. Pihaknya juga mendirikan posko paskah bencana Banjir Bandang. (M.SUKMA)

Related Articles

Back to top button