JATIM

Wabup Sidoarjo Pimpin Apel Pasukan Penanggulangan Bencana Hydrometerologi

Wakil Bupati (Wabup) H. Nur Ahmad Syaifuddin SH

SIDOARJO, JATIM, BN-Sebagai wujud persiapan dan kesiapan menghadapi kemungkinan terjadinya bencana, Kodim 0816 Sidoarjo melaksanakan apel gelar pasukan kesiapsiagaan bencana Hydrometeorologi di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Kamis (9/1) pagi.

Apel yang diikuti oleh ratusan peserta lintas intansi dan stakeholder terkait kebencanaan baik TNI, Polri, Satpol PP, Damkar, Dishub, BPBD, Tagana, Pramuka, Mahasiswa hingga organisasi masyarakat.

Bertindak selalu pimpinan apel adalah Wakil Bupati (Wabup) H. Nur Ahmad Syaifuddin SH dan dihadiri Danrem 084/Bhaskara Jaya, Kolonel Inf Sudaryanto, S.E, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. Mohammad Iswan Nusi, SH., serta instansi terkait.

Dalam arahannya, Wabup menegaskan “Dengan adanya apel gelar pasukan ini, konsolidasi kita akan lebih siap apabila terjadi bencana, namun demikian kita berharap itu tidak terjadi. Upaya antisipasipun harus tetap kita laksanakan sedini mungkin,” terang wabup.

Karena itu, untuk mengantisipasi potensi bencana alam, potensi kekuatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo mulai dari TNI, Polri, BPBD, dinas sosial, relawan, hingga masyarakat harus disiapkan.

“Agar semakin kuat dan menjadi tangguh dalam menghadapi ancaman bencana khususnya ancaman hidrometeorologi,” tuturnya.

Senada, Danrem 084/Bhaskara Jaya, Kolonel Inf Sudaryanto, S.E menuturkan, kesiapan prajurit TNI-AD, khususnya Kodim, dinilai penting untuk terus ditingkatkan.

Itu nanti akan melibatkan seluruh pihak, terutama peran Pemda, Polri dan masyarakat. Selain kesigapan prajurit, dirinya pun juga mengimbau seluruh personelnya untuk aktif melakukan koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait akan adanya perubahan cuaca, hingga kondisi yang terjadi di setiap daerah di Sidoarjo.

Setiap pos, harus memantau sekaligus melaporkan setiap perubahan kondisi maupun cuaca,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pimpinan apel didampingi Danrem 084/Bhaskara Jaya, Kolonel Inf Sudaryanto, S.E, dan Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. Mohammad Iswan Nusi, SH., melakukan pemeriksaan pasukan dilanjutkan dengan pengecekan sejumlah peralatan maupun kendaraan operasional yang disiapkan dalam rangka penanggulangan bencana alam yang umum terjadi saat musim hujan ialah, banjir dan puting beliung di Kabupaten Sidoarjo. (yah)

Related Articles

Back to top button