LAMPUNG

Masyarakat Pakuan Ratu Datangkan Pembatik Asal Kota Bandar Lampung

WAY KANAN, LAMPUNG, BN-Dalam rangka meningkatkan perekonomian dan penghasilan tambahan, masyarakat Kampung Pakuan Ratu mendatangkan pembatik asal Kota Bandar Lampung. Acara sekaligus untuk mensosialisasikan cara membatik dilaksanakan di Aula Kantor Camat Pakuan Ratu, Kecamatan Pakuan Ratu, Kabupaten Way Kanan, Senin (13/01/2020).

Sesuai inisiatif Kepala UPT Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Way Kanan Siska Anjelia, S.kom, MM yang sebelumnya dirapatkan terlebih dahulu bersama Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Keuangan Tonis RM, SH, anggota DPRD Way Kanan Arsad Hasan serta Aparatur Pemerintahan setempat.

Masyarakat Kampung Pakuan Ratu setuju mendatangkan pembatik asal Kota Bandar Lampung sekaligus mensosialisasikan cara membatik dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian dan penambahan hasil kepada masyarakat setempat.

Dalam acara tersebut, Tonis, RM, SH mengatakan, sangat setuju dengan kegiatan ini. Menurutnya, jika semua bisa membatik otomatis bisa mendapatkan penghasilan tambahan dan lebih positifnya lagi muda mudinya ada lapangan kerja. Jadi secara tidak langsung kebutuhan mereka terpenuhi.

“Sehingga mereka tidak lagi melakukan tindakan kejahatan, ngomong kasarnya maling atau merampok,” ujarnya.‎

Sebelumnya hal senada diucapkan Camat Pakuan Ratu, Edi. Ia berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi pelatihan membatik ini masyarakat Kampung Pakuan Ratu bisa mengembangkan usaha batik karena banyak keuntungannya dalam usaha tersebut.

“Tentunya untuk menambah penghasilan perekonomian dalam keluarga,” katanya.‎

Sementara itu, Arsad Hasan selaku tokoh masyarakat Kampung Pakuan Ratu sekaligus Anggota DPRD Kabupaten Way Kanan, menyambut positif acara tersebut karena ini memang sepakat awal dari rangkaian acaranya bersama bapak Tonis dan masyarakat Kampung Pakuan ratu untuk membuat usaha membatik kepada masyarakat.

“Selain itu rangkaian ini juga termasuk untuk melestarikan seni dan budaya masyarakat Lampung Way Kanan, terkhususnya Pakuan Ratu,” kata Arsad Hasan

Ia berharap, mudah-mudahan dengan masuknya pelatih pembatik ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga nanti menjadi home industri.

Untuk menambah penghasilan ibu-ibu, generasi muda dan remaja. Dengan membatik ini jadi mereka tidak perlu memikirkan mau merantau kemana, ke Jakarta atau ke Malaysia misalnya.

“Dengan usaha kecil-kecilan ini nanti bisa berkembang menjadi besar,” imbuhnya.‎

Amarudin selaku pelatih pembatik asal Kota Bandar Lampung mengatakan, kegiatan sosialisasi membatik ini bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat desa, karena desa itu bisa maju mempunyai karya dan produk tersendiri Kearifan lokalnya yang kita angkat.
Seperti disini, Kampung Pakuan Ratu kira-kira motif Pakuan Ratu itu apa. Inilah media kita untuk mengangkat dan memperkenalkan Kampung Pakuan Ratu dikain ini nantinya.

Memperkenalkan teknik membatik tetapi juga mengangkat khasanah Kampung tersebut. (Arye).

Related Articles

Back to top button