Connect with us

Pembaretan Siswa Dikbrevet Penyelam TNI AL Tahun 2019 di Pasir Putih Situbondo

JATIM

Pembaretan Siswa Dikbrevet Penyelam TNI AL Tahun 2019 di Pasir Putih Situbondo

SITUBONDO, JATIM, BN-Perwira Pelaksana Harian (Plh) Komandan Sekolah Selam (Danseselam) selaku Palaklat Satgas Lattek Dikbrevet Penyelam TNI AL Angkatan L TA. 2019 Mayor Laut (P) Abdul Manaf, S.H. memimpin jalannya Upacara Pembaretan Lumba-lumba muda di Pantai Pasir Putih Situbondo, Jawa Timur. Jumat (24/01/2020) malam.

Sebanyak 11 (sebelas) Orang siswa Dikbrevet Penyelam TNI AL Angkatan L TA. 2019 resmi menyandang baret Lumba-lumba sebagai prajurit penyelam setelah berhasil menyelesaikan semua tahapan Lattek selama 41 (empat puluh satu) hari.

Tahapan-tahapan latihan yang diselesaikan yakni, Lattek Pangkalan meliputi U/W Welding and Cutting, U/W inspection and repair, U/W Search and Recovery dan Salvage sedangkan Lattek luar pangkalan meliputi Lattek Ranjau dan Demolisi atas dan bawah air, renang jarak jauh, penyelaman malam, Sea Survival, penyelaman Scuba 20 meter dan 40 meter, penyelaman SSBA 20, 40, dan 60 meter dengan media pernapasan udara biasa dan Mixed Gas.

Dalam amanatnya Palaklat mengatakan, bahwa upacara pembaretan merupakan salah satu bentuk kegiatan tradisi Penyelam TNI AL sebagai implementasi dari pembinaan aspek kultural sekaligus sebagai momentum penting yang memiliki nilai historis dalam perjalanan karir bagi setiap prajurit bawah air.

“Selain itu upacara pembaretan juga merupakan simbol keabsahan seorang prajurit dalam menyandang status sebagai prajurit Penyelam TNI AL serta sebagai lambang atau simbol profesionalisme dalam mengemban tugas khususnya tugas-tugas bawah air”. terang Palaklat Mayor Laut (P) Abdul Manaf, S.H.

Pada kesempatan itu pula Palaklat menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan lumba-lumba muda yang telah melewati tahap demi tahap pendidikan dan pembinaan karakter di Sekolah Selam Pusat Pendidikan Khusus Kodikopsla Kodiklatal, dengan harapan bekal ilmu yang telah diperoleh merupakan dasar dan modal untuk menjadi seorang prajurit bawah air yang mumpuni dalam melaksanakan tugas nantinya di Satuan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Padukdik Seselam Kapten Laut (S) Slamet Budiman, Pabingsis Seselam Kapten Laut (S) Efendi Santoso serta tokoh masyarakat Pasir Putih dan Situbondo. (dj)

More in JATIM




Adnow R

loading…


To Top
%d blogger menyukai ini: