Connect with us

Pemdes Kaligayam, Wedi Klaten Bentuk Relawan Penanganan Covid-19 Hingga Tingkat RT

49 views

JATENG

Pemdes Kaligayam, Wedi Klaten Bentuk Relawan Penanganan Covid-19 Hingga Tingkat RT

Posko relawan penanganan Covid-19 Desa Kaligayam

KLATEN, JATENG, BN-Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Kaligayam, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Salah satunya dengan membentuk tim relawan penanganan virus corona yang tersebar di 18 RT se-Desa Kaligayam.

Kepala Desa (Kades) Kaligayam Joko Sutrisno mengatakan, keberadaan tim relawan bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di Desa Kaligayam.

‎”Relawan di Desa Kaligayam berjumlah sekitar 60 orang. Mereka melakukan pemantauan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan penanganan Covid-19,” kata Joko Sutrisno, Jumat (27/3).

Menurut Kades, tim relawan awalnya merupakan paguyuban lembaga desa. Tim ini sudah dibentuk 5 tahun lalu dan rutin melakukan pertemuan setiap bulannya.

Joko menambahkan, relawan di Desa Kaligayam berasal dari unsur pemerintah desa, RT, RW, BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan bidan desa.

‎”Dengan kasus virus corona sekarang maka keberadaan paguyuban lembaga desa ini sangat membantu sekali,” kata Joko Sutrisno.

‎Menurut Kades, tim relawan telah melakukan sosialisasi kepada seluruh warga Desa Kaligayam untuk selalu menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

‎”Jika ada warga yang baru pulang dari daerah zona merah virus corona maka ia harus melapor kepada relawan yang berada di tiap RT dan RW,” kata Joko Sutrisno.

Kades menambahkan, jika ditemukan ada warga dengan gejala batuk, pilek, demam tinggi dan sesak nafas maka relawan akan meminta warga tersebut untuk segera memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat.

“Setelah mendapat laporan dari warga, relawan akan segera melaporkan hal tersebut ke pemdes. Selanjutnya pemdes akan melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan dalam hal ini bidan desa untuk melakukan tindakan selanjutnya,” pungkas Joko. (rkt)

More in JATENG

To Top
%d blogger menyukai ini: