Connect with us

Dikbud Jombang Instruksikan Kebijakan Pendidikan Sesuai SE Mendikbud RI Darurat Covid 19

43 views

JATIM

Dikbud Jombang Instruksikan Kebijakan Pendidikan Sesuai SE Mendikbud RI Darurat Covid 19

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang, Agus Punomo .

JOMBANG, JATIM, BN-Berdasarkan surat edaran (SE) dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 4 tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020 tentang pelaksanaan kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus Covid-19 dan surat Gubernur Jawa Timur nomor 420/1950.101.1/2020 tanggal 24 Maret 2020 maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang perlu untuk menindaklanjuti dengan menginstruksikan kepada Korwilker Pendidikan Kecamatan, Kepala Sekolah SMP negeri dan swasta serta Kepala SKB dan PKBM se Kabupaten Jombang untuk melaksanakan hal sebagai berikut:

1. Ujian Nasional (UN)

a. Pelaksanaan ujian nasional SMP dan kesetaraan paket B/C di kabupaten Jombang tahun 2020 dibatalkan.

b. Dengan dibatalkannya ujian nasional tahun 2020 maka proses penyetaraan bagi lulusan paket A, B dan C akan ditentukan kemudian.

2. Ujian Sekolah (US)

a. Satuan Pendidikan melaksanakan ujian sekolah dalam bentuk penugasan dengan tidak mengumpulkan peserta didik.

b. Ujian sekolah dirancang untuk mendorong aktivitas belajar dan bermakna dan tidak perlu mengukur ketuntasan pencapaian kurikulum secara menyeluruh.

c. Kelulusan pada satuan Pendidikan berlaku ketentuan :

– Kelulusan sekolah dasar (SD/Paket A) ditentukan berdasarkan nilai akhir (NA).

– Nilai akhir diperoleh dari gabungan ujian nilai sekolah dan rata-rata nilai 5 semester terakhir kelas 4,5, dan 6 semester ganjil/gasal. Nilai semester genap kelas 6 bisa dijadikan sebagai tambahan nilai kelulusan.

– Kelulusan SMP (paket B/C) ditentukan berdasarkan nilai akhir (NA).

– Nilai akhir diperoleh dari gabungan nilai ujian sekolah dan rata rata nilai 5 semester terakhir. Dan nilai semester genap kelas 9 dan kelas 12 dapat digunakan sebagai nilai tambahan kelulusan.

– Pembobotan nilai akhir sekolah ditentukan oleh satuan sekolah masing-masing.

3. Kenaikan sekolah dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Satuan Pendidikan melaksanakan penilaian akhir tahun (PAT) dalam bentuk penugasan tanpa mengumpulkan peserta didik.

b. Penilaian akhir tahun dirancang untuk aktivitas belajar yang bermakna dan tidak perlu mengukur capaian kurikulum secara menyeluruh.

c. Kenaikan kelas ditentukan berdasarkan kriteria kenaikan kelas yang ditetapkan dengan keputusan Kepala Sekolah.

Kebijakan diatas sudah diputuskan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang dengan nomor 422.1/1366/145.16/ 2020 tertanggal 26 Maret 2020.

Kebijakan tentang pelaksanaan Ujian Sekolah dan tentang kenaikan kelas tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Agus Purnomo saat telekonferensi dengan Camat, Korwilker, Kepala KUA, Penyuluh Agama se Kabupaten Jombang pada Kamis (26/3/2020) di ruang Jombang Command Center Sekretariat Kabupaten Jombang yang dihadiri oleh Bupati, Hj. Mundjidah Wahab, Wakil Bupati Jombang Sumrambah dan Gugus tugas pencegahan dan penanggulangan Virus Covid-19 serta Kepala OPD terkait. Rapat Koordinasi jarak jauh ( telekonferensi ) dipandu oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang DR. H. Ahmad Jazuli, SH, MSi.

“Kepada Kepala Sekolah SD, SMP Negeri dan Swasta se Kabupaten Jombang harus melaksanakan keputusan tersebut, dan apabila ada kendala harus segera koordinasi dengan Korwilker Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan dan Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang”, pungkas Agus Purnomo, SH, M.Si. (tok/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JATIM

To Top
%d blogger menyukai ini: