PAPUA

Tim Gugus Siaga Covid-19 Tolikara Tutup Akses Jalan Darat Lintas Pengunungan Tengah Papua di Distrik Poganeri

Tolikara, Papua, BN–Ketua Tim Gugus Siaga Covid-19 Kabupaten Tolikara yang juga Bupati Tolikara Usman G.Wanimbo, SE, M.Si diwakili Wakil Ketua I Wakil Bupati Dinus Wanimbo, SH, M.H dan Wakil Ketua II Kapolres Tolikara AKBP Leonar Akobiarek bersama Tim turun ke Distrrik Poganeri menutup atau memalang jalan lintas pengunungan tengah papua.Penutupan akses utama daerah pengunungan tengah itu dilakukan tepatnya depan Kantor Distrik Poganeri selasa,14/04/2020 kemarin.

Menurut Wakil Ketua I Dinus Wanimbo, SH, M.H ketika ditanya awak media usai pemalangan jalan utama pengunungan tegah Papua di Poganeri itu mengatakan Lankah ini di ambil sesuai hasil kesepakatan bersama setelah melihat perkembangan atau merebaknya wabah virus corona Covid-19 di wilayah Lapago dimana sesuai data tim gugus siaga Covid-19 di Kabupaten Jayawijaya di Wamena ditemukan 3 kasus pasien positif Covid-19.

Maka Tim Gugus Siaga Covid-19 Kabupaten Tolikara yang dipimpin Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo, SE, M.Si bersama Wakil Ketua I Dinus wanimbo, SH, M.H dan Wakil ketua II AKBP Leonard akobiarek bersama Tim gugus Covid-19 sepakat, dilakukan penutupan jalan lintas pengunungan tengah Papua.Penutupan jalan lintas ini menghubungkan beberapa Kabupaten yaitu Kabupaten Jayawijaya,Tolikara,Puncak Jaya,Lanni jaya,Mamberamo tengah,dan Kabupaten Yalimo.

“Kami sepakat memutus jalan dengan memalang jalan lintas pengunungan tengah papua tepatnya di Distrik Poganeri. Penutupan atau pemalangan jalan ini mulai selasa,14 April 2020 sampai batas waktu belum ditentukan, jalan ini ditutup sepanjang virus ini belum pulih,tetapi jalan ini akan kembali buka apabila virus corona pulih.”. Ujar Wakil Ketua I tim gugus Dinus wanimbo.

Dikatakannya tim gugus siaga Covid-19 Kabupaten Tolikara menempatkan tim terdiri dari TNI/Polri dan tenaga kesehatan serta ASN dibantu Pemuda Poganeri, menjaga pemalangan jalan tepatnya di Distrik Poganeri.

Tim ini menempati Kantor Distrik Poganeri,dengan tujuan setiap kendaraan mobil penumpang yang mengangkut penumpang ke Tolikara dan sebaliknya ke wamena atau ke beberapa Kabupaten terdekat lainnya dilarang melewati jalan ini.

Kecuali mobil pengangkut barang dagangan kios,dan mobil truk mengangkut bahan bangunan diijinkan untuk masuk ke Tolikara maupun sebaliknya ke Wamenan dan ke beberapa Kabupaten terdekat lain.

“Pembatasan waktu kendaraan pengangkut barang kios dan dagangan lain juga mobil truk pengangkut bahan bagunan diijinkan beroperasi mulai dari pagi jam 08:00 WIT sampai sore jam 16:00 Wit. Para sopir sudah diberikan tanda pengenal yaitu kartu kuning, mereka yang memiliki kartu kuning itulah yang berhak beroperasi tetapi bagi yang tidak memiliki kartu kuning di tolak.”. Tegasnya.

Wakil Ketua I Tim Gugus Siaga Covid-19 Dinus Wanimbo, SH, M.H menambahkan Tim Gugus Siaga Covid-19 bersama Pemerintah Kabupaten Tolikara sudah mempertimbangkan resiko penutupan aksen jalan darat lintas pengunungan papua ini berdampak besar pada perekonomian masyarakat.

Terutama pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat secara umum. Karena itu sesuai kesepakatan bersama Ketua Tim Gugus Siaga Covid-19 Usman G. Wanimbo, SE, M.Si bersama Pimpinan Instansi terkait lainnya di Jayapura saat ini sedang menyiapkan bantuan kebutuhan pokok dari jayapura angkut ke Wamena melalui pesawat dan dari Wamena menurut rencana angkut ke Tolikara melalui mobil. Dan bantuan bahan kebutuhan pokok ini langsung disalurkan turun ke masing – masing Distrik. Karena itu semua masyarakat diimbau untuk tetap tinggal di kampung.

”Bantuan kebutuhan pokok ini diberikan untuk masyarakat Tolikara di kampung – kampung harus berkebun, karena kedepan kita akan hadapi krisis pagan. Karena itu diminta masyarakat di kampung untuk dengan giat berkebun”. Pinta Wakil Ketua I Covid-19 Dinus wanimbo.

Sementara itu Wakil Ketua II Tim Gugus Siaga Covid-19  yang juga Kapolres Tolikara AKBP Leonard akobiarek memastikan kami TNI/Polri Kabupaten Tolikara menduduki Pos di Kantor Distrik Poganeri.

Tujuannya menjaga supaya tidak boleh ada mobil penumpang masuk ke Tolikara,harus dikembalikan ke tempat semula dimana mereka berangkat. Atas nama Pemerintah Tolikara meminta maaf atas ketidaknyamanan kebebasan masyarakat ini.

“maklumat Polri sudah jelas,siapapun melanggar imbauan ini tentu dikenakan pidana”. Tegas Wakil Ketua II Covid-19 Kapolres AKBP Leonard akobiarek.

Penutupan jalan di Poga itu didukung masyarakat Tolikara seperti halnya penyatayaan yang disampaikan warga mewakili Tokoh Pemuda Distrik Poganeri Anis yikwa memberikan pengargaan tinggi kepada Bupati Tolikara Usman G.Wanimbo telah mencegah wabah virus corona ini dengan berbagai langkah salah satunya pemalangan jalan ini. Karena itu seluruh pemuda Distrik Poganeri mendukung penuh,salah satu bukti dukungan dengan ikut berjaga di Pos Distrik Poganeri bersama Tim Gugus Siaga Covid-19 Tolikara.

Dukungan sama juga disampaikan tokoh masyarakat yang juga Kepala Desa Bogokila Aganius weya.  Mewakili 10 kepala Desa Distrik Poganeri mendukung penuh penutupan jalan itu. Karena upaya ini dilakukan untuk keselamatan kita semua dari wabah virus corona yang merupakan wabah baru.

(Diskominfo Tolikara)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button