NTT

Provinsi NTT Kembali Masuk Zona Merah, Sembilan ODP Dinyatakan Positif Covid-19

KUPANG, NTT, BN-Provinsi NTT akhirnya kembali lagi ke zona merah Covid-19 per 30/4/2020.Sembilan warga NTT dinyatakan positif virus corona atau covid-19 berdasarkan hasil tes swab,dimana sebelumnya sudah masuk zona hijau dimana salah satu pasien corona virus dinyatakan sembuh.

Terkait dengan hal ini, Kepala Dinas Kesehatan NTT, Dominggus Mere mengatakan, dari sembilan orang tersebut, tujuh orang warga adalah pasien yang sementara dirawat di RSUD W. Z. Johannes Kupang dan dua pasien lainnya sementara dirawat di RSUD Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat NTT.

“Dari 13 sampel SWAB di RSUD W. Z. Johannes Kupang yang dikirim, tujuh orang warga dinyatakan positif COVID-19. Sementara dua orang warga di Labuan Bajo,” ujarnya dalam konferensi pers, Kamis, 30/4/2020.

Menurutnya, saat ini ketujuh pasien yang dinyatakan positif covid-19 ditersebut sudah diisolasi dan sudah dipindahkan ke Rumah Sakit Bhayangkara Titus Uli dan dua pasien positif covid-19 saat ini telah diisolasi di RSUD Komodo Labuan Bajo Manggarai Barat.

“Mereka sudah diisolasi dan dalam kondisi baik dan akan dilakukan pemeriksaan sampel SWAB berikutnya,”.tuturnya.

Dominggus lebih lanjut menjelaskan, total sampel yang dikirim untuk pemeriksaan Swab Test berjumlah, 117 sampel. Dari 117 sampel, 56 sudah ada hasil. Sementara, dari 56 itu, 46 dinyatakan negatif dan 10 dinyatakan positif, termasuk El Asamau yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

“Untuk sementara masih ada 36 sampel yang belum ada hasil dan untuk saat ini pihak gugus tugas covid-19, sedang menelusuri siapa saja yang pernah berkontak langsung dengan sembilan pasien covid-19 ini,”.jelasnya.

Untuk itu Dominggis menghimbau kepada seluruh masyarakat NTT kalau ada gejala terjangkit covid-19 harus segera deteksi dini,dan kepada masyarakat NTT harus taat dan patuhi pada protap pemerintah dengan cara hindari kerumunan, jaga jarak dan selalu pakai masker saat keluar rumah,”. imbuhnya.

Sementara itu, Jubir Covid-19 NTT, Marius Jelamu mengatakan, dengan dinyatakan sembilan orang positif covid-19, maka NTT kembali masuk zona merah.

“NTT kembali zona merah, karena itu, masyarakat harus taat terhadap protap yang telah ditetapkan, untuk memutuskan mata rantai penyebaran wabah covid-19 ini,”.tandasnya. (anis ikun).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button