NTB

Satgas Covid-19 Berhasil Amankan Pasien Berstatus Positif Corona Virus Kabur Dari Karantina

PRAYA, NTB, BN-Salah satu pasien positif corona virus yang sedang dalam kondisi karantina di RSUD Praya Lombok Tengah NTB kabur di ruang isolasi dengan cara lompat keluar dari jendela. Pasien tersebut berhasil diamankan Satgas Covid-19 Kabupaten Lombok Tengah NTB pada Rabu, (29/4/2020) sore.

Kabar beredarnya video yang terekam melalui CCTV serta berita yang sempat viral beredar di media sosial bahwa salah seorang lasien status positif Covid-19 kabur dari tempat karantina RSUD Praya, Selasa, (28/4/2020) sekira pukul 20.00 Wita.

Pasien positif Covid-19 yang berinisial L.S dari Desa Penujak Kecamatan Praya Barat, membuat heboh masyarakat setempat bahkan membuat penjagaan ketat untuk mencegah agar yang bersangkutan setelah kabur dari rumah sakit tidak kembali ke kampung halamannya karena akan menambah keresahan masyarakat, takut virusnya dapat menularkan kepada orang lain.

Terkait kaburnya pasien Positif Corona Virus dari karantina RSUD Praya tersebut, Dandim 1620/ Loteng, Letkol Czi. Prastiwanto, menuturkan bahwa sejak laporan Pasien Covid inisial LS Kabur.

Satuan gugus tugas Covid-19 langsung melakukan koordinasi secara hirarki untuk segera mencari dan menemukan agar yang bersangkutan segera dibawa kembali ke RSUD Praya untuk dikarantina sesuai Protokol penanganan Pasien Positif Covid- 19.

“Saya minta agar Satuan Gugus Tugas Covid-19 segera lakukan koordinasi agar segera mencari dan menemukan yang bersangkutan untuk dibawa kembali ke Karantina RSUD Praya Lombok Tengah,” jelasnya.

Lanjut Dandim Prastiwanto mengatakan bahwa dengan adanya koordinasi yang ketat antara tim satuan gugus tugas covid-19 serta kepedulian masyarakat akhirnya keberadaan LS berhasil ketahui.

“Ini berawal adanya infomasi dari salah satu warga Dusun Selanglet melapor ke anggota Koramil 1620-04 Praya Barat, Serka Ifan Suntoro yang sedang melaksanakan penertiban pasar Desa Penujak. Warga tersebut kemudian menyampaikan bahwa pasien Covid-19 berinisial LS sedang berjalan dari Dusun Mentoko menuju Dusun Kangi,” terangnya.

Atas dasar informasi dari warga tersebut, Serka Irfan Suntoro, saat itu juga mengkoordinasikan dengan tim Satuan Gugus Tugas Covid-19, Puskesmas Desa Penujak untuk segera bersama-sama menjemput yang bersangkutan, di Dusun Kangi Desa Penujak Kecamatan Praya Barat Kabupaten Loteng, Rabu, (29/04/2020) sore.

Tim solid Satuan Gugus Tugas Covid-19 dengan sikap siaga dan cekatan langsung meluncur ke Dusun Kangi Desa Penujak bersama Babinsa dan Satpol PP untuk segera mengamankan pasien positif Corona yang kabur dari Karantina RSUD Praya itu.

“Saat tiba dilokasi saudara LS ditemukan di jalan persawahan Dusun Kangi, kemudian tim Covid-19, langsung mengamankan LS menggunakan ambulance menuju RSUD Praya, untuk kembali dikarantina sesuai protokol Covid- 19,” jelasnya.

Dandim Prastiwanto berharap Kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang, selalu ikuti himbauan pemerintah karena sudah ditemukan dan telah kembali diamankan pasien positif covid-19 yang berinisial LS itu.

“Yang penting untuk dipahami bahwa Covid-19 bukan aib, siapa saja bisa terjangkit, jadi jangan salah diartikan diisolasi atau di karantina itu bagian dari tindakan medis untuk percepatan memutus mata rantai serta antisipasi penyebaran wabah pandemi Covid-19 ini segera berlalu,” harapnya.

Adapun yang ikut dalam penjemputan, Kades Penujak, L. Suharto, tim medis Puskesmas Penujak, Babinsa Desa Penujak beserta lima orang anggota Koramil 1620-04/Praya Barat, Satgas Covid-19 Desa Penujak. (anis ikun).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button