Connect with us

Sumsel Tanggap Darurat Tangani Covid 19

SUMSEL

Sumsel Tanggap Darurat Tangani Covid 19

PALEMBANG, SUMSEL, BN-Ketua Umum HMI Cab. Palembang, M Sigit Muhaimin beranggapan sejak awal Gubernur Sumsel H. Herman Deru sangat tegas melalui Instruksi Gubernur untuk Bupati/Walikota se-Sumatera Selatan Nomor 01/inst/dinkes/2020 pada Maret tentang kesiapsiagaan menghadapi penyebaran penyakit Coronavirus Disease 2019 (Covid 2019) di Provinsi Sumatera Selatan.

“Sebelum dinaikkan status Sumsel dari Waspada menjadi Siaga/Tanggap darurat, Gubernur Sumatera Selatan sudah mengingatkan kita agar wasdapa terhadap wabah Covid-19 melalui instruksi Gubernur,” ungkap Sigit saat ditemui di Sekretatriat HMI Cab. Palembang, Minggu (10/5/2020).

“Bahkan pada saat rapat kesiapsiagaan Sumsel pada 21 Maret 2020. Menurut Mendagri, Sumsel dapat dijadikan model atau contoh bagi daerah lain di Indonesia,” lanjut Sigit.

Dalam mengantisipasi masuknya Covid 19 di Sumsel, Pemprov Sumsel sudah berupaya semaksimal untuk menanggulanginya.

“Upaya sudah dilakukan Pemrov Sumsel dengan cara melakukan pengawasan di sejumlah pintu masuk Sumsel diantaranya Bandara, Pelabuhan, dan tempat perbatasan lainnya, serta penyemprotan disinfektan di berbagai tempat fasilitas umum,” tandasnya.

Sigit menuturkan, kesigapan Pemprov dalam menyiapkan fasilitas kesehatan patut diacungi jempol.

“Sejak terkonfirmasi kasus positif pertama kali pada tanggal 24 Maret 2020, Gubernur Sumsel langsung mendirikan dua posko sekaligus Posko Tanggap Covid-19 sebagai upaya mempercepat informasi dan penanganan terhadap Covid-19,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Pria kelahiran Ogan Ilir ini juga melihat keseriusan Gubernur Sumsel dalam melawan Covid-19 dengan disiapnnya Rumah Sehat Covid 19 yang terletak di JSC dan menunjuk langsung Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya sebagai ketuanya.

“Ini bentuk keseriusan, kita juga bisa melihat keseriusan Pemprov Sumsel dengan dialihfungsikannya Wisma Atlet sebagai Rumah Sehat Covid 19 untuk Orang Dalam Pantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan fasilitas dan pelayanan kesehatan yang memadai,” bebernya.

“Berdasarkan hasil survei ‘Persepsi Publik atas Penanganan Wabah COVID-19’ yang dilakukan oleh lembaga survei Median, secara nasional, Sumsel menempati urutan ke 7 (tujuh) daerah yang dinilai paling jitu menangani masalah wabah covid-19,” sambung Sigit.

HMI Cabang Palembang menilai bahwa Pandemi ini bukan hanya tanggung jawab Pemerintah saja tetapi kita masyarakat juga proaktif dalam melawan Covid-19.

“Pemprov Sumsel sudah maksimal berupaya melawan Covid-19 baik fasilitas, pelayanan, serta himbauan sudah dilaksanakan dengan baik. Kita masyarakat dari berbagai elemen juga harus mendukung Pemprov Sumsel guna percepatan melawan Covid 19,” ucapnya. (Daeng)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in SUMSEL




Adnow R

loading…


To Top
%d blogger menyukai ini: