Connect with us

Sedimentasi DAM Kali Walikan Butuh Pengerukan

JATENG

Sedimentasi DAM Kali Walikan Butuh Pengerukan

WONOGIRI, JATENG, BN-DAM Kali Walikan yang terletak disebelah Utara Dusun Wiro Sonoharjo Karanganyar yang mengairi ratusan hektar sawah sudah penuh dengan tumpukan lumpur (sedimentasi) akibatnya DAM bendungan untuk menampung air sudah tidak bisa lagi.

DAM yang dibangun pada masa Kepala Desa Marto Sudaryo ( Kades pertama) Wonokerto Kecamatan / Kabupaten Wonogiri dan ada perbaikan pada tahun 1991/1992 hingga sekarang belum ada lagi pembenahan / perbaikan dari dinas terkait sehingga sedimentasi lumpur (walet) sudah penuh rata dengan bangunan DAM.

Masyarakat yang mayoritas bertani di 5 Desa yang meliputi Desa Wonokerto (Wonogiri), Desa Jatisobo ( Karanganyar), Desa Sonoharjo (Wonogiri), Desa Wonoharjo ( Wonogiri) dan Desa Tanjungrejo (Sukoharjo) sangat bergantung pertaniannya pada DAM Walikan di Utara Dusun Wiro Sonoharjo tersebut.

Para petani berharap, perbaikan dan pembenahan DAM sangat diharapkan agar air dari DAM sungai kali Walikan pada saluran irigasi pertanian dapat mengalir dengan baik sehingga petani tidak mengalami kesulitan dalam mengairi sawahnya, bahkan karena tidak mengalir irigasinya petani pernah mengalami kekeringan gagal panen, ujar yanto petani Wonokerto yang mengalami gagal panen tahun 2019 karena tidak teraliri sawahnya. (hery)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in JATENG




Adnow R

loading…


To Top
%d blogger menyukai ini: